Abstract
Layanan sistem tugas akhir merupakan aktivitas terkait penyelesaian tugas akhir merupakan tahap yang harus dilalui mahasiswa agar bisa melakukan sidang tugas akhir karena sidang merupakan tahap akhir dari mahasiswa agar mendapatkan gelar sarjana. Sistem layanan sidang tugas akhir yang dilakukan mahasiswa mulai ketika mahasiswa melakukan perwalian tugas akhir sampai melengkapi persyaratan sidang. Sistem layanan sidang tugas akhir ini dikerjakan sesuai urutan langkah yang telah ditetapkan. Adapun dalam layanan sidang tugas akhir terdapat beberapa kebijakan yang tidak terdapat dari luar formal sistem, seperti memundurkan batas akhir sidang, membolehkan mahasiswa yang belum melakukan perwaliah tugas akhir untuk mendaftar sidang tugas akhir, adanya persyaratan yang tidak dipenuhi teteapi diperbolehkan untuk melakukan sidang, adanya kebijakan yang berbeda antara jurusan dan prodi serta lain sebagainya. sehingga dengan kebijakan tersebut dapat menimbulkan ketidakadilan dari beberapa mahasiswa. Dengan adanya beberapa kebijakan tersebut maka dibutuhkannya pengecualian (Exception) agar bisa menutupi kebijakan-kebijakan diluar formal sistem dari layanan sidang tugas akhir tersebut. Pentingnya Exception Handling agar bisa menyelesaikan penyelesaian dalam layanan sidang tugas akhir dan tidak memunculkan kebijakan yang diluar formal sistem. Maka dalam layanan sidang tugas akhir dibutuhkan model Exception Handling untuk menunjang cara kerja sistem agar tidak terjadi kebijakan-kebijakan diluar formal sistem dan cara kerja sistem berdasarkan model tersebut. Exception Handling digunakan hanya sekali saja sehingga tidak dapat digunakan berulang karena sifatnya hanya membantu memulihkan keadaan yang memiliki kebijakan diluar formal sistem dan bukan untuk membuat prosedur baru. Setelah menetapkan Exception Handling maka usulan selanjutnya yaitu mengikuti dan mengimplementasikan agar memberikan kemudahan jika terjadi kebijakan diluar formal sistem layanan sidang tugas akhir.
References
Jogiyanto, HM,. “Analisis dan Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur”, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta, 2005.
Dekanat Fakultas Teknik Universitas Pasundan., Buku Panduan Mahasiswa Tahun Akademik 2016/2017, Fakultas Teknik Universitas Pasundan. 2016
Marco Brambilla, Sara Comai, and Christina Tziviskou., “ Exception Management Within Web Applications Implementing Business Processes”. Springer-Verlag Berlin Heidelberg. 2006
George M. Scott,. “Principles of Management Information Systems”. New York : McGraw-Hill. 1986
Rinaldi Munir., “Algoritma dan pemrograman dalam bahasa Pascal dan C (edisi revisi)”, Bandung, 2007.
Koordinator Tugas Akhir Teknik Informatika, “prosedur pendaftaran sidang tugas akhir” website tugas akhir, https://ta.if-unpas.org/tamhs diakses pada tahun 2016