APLIKASI SISTEM INFORMASI RUMAH KOST KOTA PANGKALPINANG BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

Laurentinus Laurentinus(1*), Vinsensius Julio(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini berlangsung sangat cepat. Teknologi informasi sudah menjadi salah satu kebutuhan dan keharusan dalam segala aspek kehidupan. Tanpa kita sadari bahwa dengan terus berkembangnya teknologi sekarang ini telah membawa manusia untuk berpikir melakukan sesuatu dengan cepat mudah. Praktis dan bersifat mobile terutama dalam bidang informasi dan komunikasi, Salah satu teknologi yang berkembang yaitu sistem informasi geografis, dengan media layanan internet dan sistem navigasi atau GPS yang terdapat pada smartphone,serta Google Maps produk google jasa peta yang bersifat virtual,gratis dan online. Rumah Kost merupakan tempat yang selalu dicari oleh masyarakat menengah kebawah, mahasiswa, pekerja swasta, pelajar, dll, Namun sayangnya lokasi kost yang tidak terpublikasi membuat masyarakat kesulitan dalam mencari lokasinya. Dibutuhkan aplikasi yang dapat memetakan lokasi kost di wilayah Pangkalpinang untuk mempermudah masyarakat dalam mencari kost serta bersifat mobile sehingga masyarakat bisa mengakses peta dimanapun dan kapanpun saat dibutuhkan. Model yang digunakan pada pembuatan aplikasi ini adalah model prototype dan metode yang digunakan adalah metode berorientasi objek, diagram UML yang digunakan antara lain adalah diagram activity, use case diagram, class diagram, sequence diagram dan deployment diagram, algortitma yang diterapkan untuk aplikasi ini adalah algoritma dijkstra dimana algoritma tersebut digunakan untuk menentukan jalur terpendek user dalam mencapat kost tujuan. Hasil dari penelitian ini merupakan sistem informasi geografis rumah kost di pangkalpinang yang dapat membantu masyarakat lokal maupun luar dari pangkalpinang dalam menemukan rumah kost.

Full Text:

PDF

References


Stevia, S.S,. 2013, Perancangan Aplikasi Gis Pencarian Rute Terpendek Peta Wisata Di Kota Manado Berbasis Mobile Web Dengan Algoritma Dijkstra, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Univ. Dian Nuswantoro, Semarang.

Imron, F,. 2011, Penggunaan Algorimta Dijkstra dalam Pencarian Rute Tercepat dan Rute Terpendek, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Univ. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Muhammad , A.W,. 2010, Perancangan Sistem Informasi Geografis Penentuan Jalur Jalan Optimum Menggunakan Metode Dijkstra Kota Yogyakarta Berbasis Web, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, Yogyakarta.

Yogi, P,. 2015, Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra Pada Sig Berbasis Web Untuk Distribusi Minuman, Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer, STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuk Linggau, Padang.

Antonio, G,. 2013, Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra, Tesis, Program Magister Jurusan Teknik Elektro, Univ. Brawijaya, Malang.

Endi, R., 2015, Aplikasi Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Dokter Praktek Umum Berbasis Android Diwilayah Kabupaten Bangka , STMIK Atma Luhur, Pangkalpinang.

Prahasta, E.,2009, Sistem Informasi Geografis: Konsep-konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geomatika), Penerbit Informatika, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.