Rancang Bangun E-Library pada SMAN 1 Pagerbarang Tegal

yunita yunita(1*), Maruloh Maruloh(2), Alquraini Nur Ayatilah Saputri(3)

(1) STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi informasi merupakan salah satu hal penting pada era globalisasi saat ini. Perkembangan imu teknologi dan pengetahuan selalu memicu manusia untuk berkembang dan bersaing dalam pengusaan teknologi khususnya teknologi informasi dan komputer. Salah satunya internet, internet dapat memberikan kemudahan mencari informasi di segala aspek. Perkembangan ilmu teknologi berpengaruh pada dunia pendidikan. Banyak lembaga pendidikan yang memanfaatkan teknologi internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Sistem infomasi perpustakaan merupakan suatu sistem yang memudahkan user untuk mencari informasi dengan menggunakan jaringan internet. Mempermudah dalam menyimpan data dan mengolah data dengan cepat dan tepat tanpa membutuhkan waktu lama dalam proses pengerjaannya. Melihat kenyataan diatas, penulis membuat program sistem informasi e-library yang ditunjukan pada “SMA N 1 Pagerbarang, Tegal”. Bertujuan untuk mempermudah pelayanan perpustakaan dan mempermudah siswa mendapatkan buku referensi dan mata pelajaran. Siswa juga dipermudah untuk mencari informasi tentang artikel yang ada pada website e-library. Perancangan program e-library ini dibuat menggunakan Adobe Dreamweaver CS6, php dan mysql. Program ini dibuat untuk mempermudah siswa mendapatkan e-book tanpa harus datang ke perpustakaan. Dan mempermudah pegawai perpustakaan untuk mengolah data yang sudah ada. Program ini dibuat untuk memecahkan masalah yang ada seperti kendala waktu dan tempat. Dengan adanya program ini maka kegiatan akan lebih efektif dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2009. Panduan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sutarman. 2007. Membangun Aplikasi Web Dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : GRAHA ILMU.

Saputra dan Ramadani. 2010. Simple Step Programming with CCS: Mengungkap rahasia pembuatan aplikasi sistem informasi tercepat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak.Jakarta:MediaKita.

Hakim dan Lukmanul. 2009. Jalan Pintas Menjadi Master PHP.Yogyakarta:Lokomedia.

Fathansyah. 2007. Basis Data. Bandung : Informatika.

Hasugian dan Ahmad Nur Shidiq. 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. in Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (Semantik): Semarang .

Sukamto, Rosa Ariani dan Muhammad Salahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek.Bandung:Informatika.

Sukamto, Rosa Ariani dan Muhammad Salahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatik




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter