Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Untuk Promosi Jabatan Dengan Metode Gauging Absence of Prerequistes (GAP)

Devi Udariansyah(1), Novri Hadinata(2*)

(1) 
(2) Universitas Bina Darma
(*) Corresponding Author

Abstract


Metode Gauging Absence Of Prerequistes (GAP) digunakan untuk menganalisa dan mempersempit jarak. Pemetaan GAP kompetensi ini untuk penilaian kinerja karyawan agar tidak terjadi jarak antara satu karyawan dengan karyawan yang lainnya. Penggunaan metode ini sendiri adalah dapat menilai seberapa besarnya jarak antara kinerja aktual dengan standar nilai kinerja yang diharapkan dan untuk mengetahui peningkatan kinerja yang diperlukan. Sehingga diharapkan terciptanya suasana kerja yang menyenangkan, karena penilaian kinerja karyawan dilakukan secara transparan dan objektif. Penelitian ini dilakukan pada Hotel Azza Palembang. Permasalahan yang ditemui pada perusahaan tersebut terkait dengan penilaian kinerja karyawan antara lain: proses penilaian karyawan masih manual sehingga memakan waktu yang lama dan belum adanya sistem dan aplikasi yang mendukung proses penilaian kinerja karyawan. Untuk itu dalam penelitian ini dibangunlah sebuah sistem berbasis web yang dikembangkan dengan metode pengembangan yaitu metode prototyping yang disebut juga desain aplikasi cepat (rapid application design/RAD) karena menyederhanakan dan mempercepat desain sistem. Pengembangan yang cepat dan pengujian terhadap model kerja (prototype) dari aplikasi baru melalui proses interaksi dan berulang-ulang.

Keywords


Penilaian Kinerja Karyawan, Gauging Absence Of Prerequistes (GAP), Metode Prototyping.

Full Text:

PDF

References


Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi, Yogyakarta

NUGRAHA, Fajar; SURARSO, Bayu; NORANITA, Beta. Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Pemilihan Pemenang Pengadaan Aset dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). JSINBIS (Jurnal Sistem Informasi Bisnis), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 067-072, june 2012. ISSN 2502-2377. Available at: . Date accessed: 13 dec. 2017. doi:http://dx.doi.org/10.21456/vol2iss2pp067-072.

O’Brien, James. (2005). Introduction To Information Systems.(12ed.) Mc Graw-Hill, New York

Sedarmayanti, 2007. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Penerbit Mandar Maju. Bandung.

Turban, E., Aronson, J.E., Liang, T.P., 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems. New Jersey: Pearson Education

Walker, JR Orville; et al. (2003). Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach. (4thed). Mc Graw-Hill, New York.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter