Penerapan Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik

Ahmad Setiadi(1*), Yunita Yunita(2), Anisa Ratna Ningsih(3)

(1) 
(2) STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang akurat dan tepat sasaran. Banyak permasalahan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan SPK, salah satunya adalah untuk menganalisis pemilihan siswa terbaik. Metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan ini adalah dengan menggunakan Simple Additive Weighting (SAW). Diperlukan beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh siswa sebagai penilaian untuk menjadi siswa terebaik. Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alteratif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alteratif yang optimal, yaitu siswa terbaik.


Full Text:

PDF

References


Amos, & Amialia. (2017). LANDASAN PENDIDIKAN Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup.

Subawa, I. G. B., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2015). PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ) DI PT TIRTA JAYA ABADI SINGARAJA, 4.

Wijaya, R., Dwiyatno, S., Wahyudi, S., & Krisnaningsih, E. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Pada Sekolah Menengah Pertama Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi

Ardiansyah, M. O., & Siregar, K. (2016). Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Analytical, 12–18.

Elistri, M., Wahyudi, J., & Supardi, R. (2014). Penerapan Metode Saw Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma. Jurnal Media Infotama Penerapan Metode SAW… ISSN, 10(2), 1858–2680.

Frieyadie. (2016). DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROMOSI, (1), 37–45.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter