Analisis Pengaruh System Quality, Information Quality, Service Quality Terhadap Net Benefit Pada SI-PMB

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i2.1150

Keywords:

information quality, system quality, service quality, net benefit

Abstract

Strategi pengembangan sistem informasi perlu dievaluasi untuk mendukung keberhasilan dan kualitas layanan sistem informasi penerimaan mahasiswa baru. Ada ketidakpuasan pengguna SI-PMB dalam mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan terhadap manfaat bersih SI-PMB. Model DeLone & McLean IS Success digunakan dalam penelitian ini, dengan komponen variabel: kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas layanan. Analisis data menggunakan model struktural dengan alat analisis Partial Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kualitas informasi dengan kepuasan pengguna nilai statistik T sebesar 0,426. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kualitas sistem dan kepuasan pengguna dengan statistik T 3,103. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pengguna, nilai T statistic sebesar 2,604. Hubungan antara variabel kepuasan pengguna dan manfaat bersih, nilai statistik t sebesar 9,294 menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kepuasan pengguna dengan manfaat bersih.

References

A. Suradi, “Interaksi Manusia dan Komputer,” 1st ed., Yogyakarta: AG. Litera, 2016.

A. Suradi, M. Suyanto, and A. Amborowati, “Analisis Kematangan Tata Kelola Informasi Service Desk Dan Insiden Di Yayasan Pangudi Luhur Yogyakarta,” J. Teknol. Inf., vol. 8, no. 24, pp. 75–86, 2013.

A. Suradi and M. Windarti, “Penerapan Model Delone Dan Mclean Pada SI-PMB Online Dari Perspektif Pengguna Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 11, no. 1, pp. 241–248, 2020, doi: 10.24176/simet.v11i1.3736.

A. Suradi and S. Wiyanta, “Penerapan Framework COBIT untuk Identifikasi Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi: Studi Kasus di Fasilkom Unwidha,” Khazanah Inform., vol. 3, no. 1, pp. 38–42, 2017, doi: http://dx.doi.org/10.23917/khif.v3i1.4062.

A. Suradi and M. Windarti, “Penerapan Model DeLone Dan McLean Pada Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Online dari Perspektif Pengguna,” SNIK, pp. 1–8, 2019.

A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and A. Malhotra, “E-S-QUAL a multiple-item scale for assessing electronic service quality,” J. Serv. Res., vol. 7, no. 3, pp. 213–233, 2005, doi: 10.1177/1094670504271156.

A. Parasuraman, L. L. Berry, and V. A. Zeithaml, “SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality,” J. Retail., vol. 64, no. 1, pp. 12–40, 1988.

S. J. Barnes and R. T. Vidgen, “Assessing E-Commerce Quality with WebQual: An Evaluation of the Usability, information quality, and interaction quality of Internet bookstores,” J. Electron. Commer. Res., vol. 3, no. 3, pp. 114–127, 2002.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta PT Indeks , 2007.

W. H. D. A. E. R. MCLEAN, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success,” vol. 19, 2003, doi: 10.1016/0012-1606(78)90250-6.

A. Suradi and H. J. Prasetyo, “Contingency Planning Pada Website Universitas Widya Dharma,” J. Teknol. Inf. RESPATI, vol. 10, no. 29, pp. 16–26, 2015.

L. Pitt, R. Watson, and C. Kavan, “Measuring Information Systems Service Quality,” AIS eLibrary, 1997.

J. E. Bailey and S. W. Pearson, “Development of a Tool for Measuring and Analyzing Computer User Satisfaction,” Manage. Sci., vol. 29, no. 5, pp. 530–545, 1983, doi: 10.1287/mnsc.29.5.530.

Sekaran, Research Methods For Business/ Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

E. P.S. Altares, Elementary Statistics : a Modern Approach’ 2003 Ed. Manila, Philipiness: Rex Book Store, 2003.

I. Ghozali and H. Latan, Partial Least Squares, Konsep Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris, 2nd ed. Semarang: BP.Universitas Diponegoro, 2015.

I. Gozali, Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square, 2nd ed. Semarang: BP.Universitas Diponegoro, 2008.

Downloads

Published

2021-08-29

Issue

Section

Articles