Penerapan Framework ITILV3 Dalam Tata Kelola Infrastruktur Teknologi Informasi Di SMK Banyuasin

Authors

  • Adiktia Adiktia Universitas Bina Darma
  • Widya Cholil Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1220

Keywords:

ITIL V3, Tata Kelola, Teknologi Informasi, IT Service

Abstract

Penyelenggaraan organisasi baik dalam rangka pelayanan good governance yang akan menjamin transparansi, efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan dalam sebuah organisasi. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan factor penting dalam menunjang kegiatan operasional  maupun pengambilan keputusan dilingkungkan Instansi/ Yayasan Pendidikan. Sekolah merupakan sebuah institusi Pendidikan dengan salah satu tugas yang diembannya adalah melayani masyarakat untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dan berdaya guna. Aktifitas utama sesuai dengan fungsi utamanya yaitu sebagai penyelenggara Pendidikan adalah layanan akademik, system yang di pakai untuk mengelola suatu informasi.  Maka perlu adanya kajian untuk mengukur tingkat kematangan dan keberhasilan dalam pemanfaatan teknologi informasi ini dibandingkan system manual. Budaya teknologi pada instansi Pendidikan juga menjadi indikator penting pada IT services untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan secara berkala agar tidak terjadi trouble untuk menghindari gangguan akses internet. Information Teknologi Information Infrastruktur Library (ITIL) merupakan kerangka kerja umum yang menyediakan kerja bagi tata kelola IT sebuah layanan yang berfokus pada pengukuran kualitas layanan TI berbagai bidang. Tata kelola TI diaratikan sebagai struktur dari hubungan proses yang mengarah dan mengatur organisasi dalam rangka mencapai tujuan dengan memberikan nilai tambah dari pemanfaatan teknologi informasi sambil menyeimbangkan resiko dibandingkan dengan hasil yang diberikan oleh teknologi informasi dan prosesnya.

Author Biography

Adiktia Adiktia, Universitas Bina Darma

Universitas Bina Darma Palemang

References

Arfiandi, F., Pudjiantoro, T. H., & Wahana, A. (2016). SISTEM PENGUKURAN TINGKAT KEMATANGAN KUALITAS LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (ITIL). 6.

PENELITIAN KUANTITATIF. (2020, October 29). UNIVERSITAS RAHARJA. https://raharja.ac.id/2020/10/29/penelitian-kuantitatif/

Ramayasa, I. P. (2020). Penerapan Framework Itil V3 Dalam Analisis Tata Kelola Sistem Informasi Layanan Akademik Domain Service Transition. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 6(2), Article 2. Http://Jurnal.Undhirabali.Ac.Id/Index.Php/Jutik/Article/View/1014

Renaldi, F., & Hadiana, A. I. (2017). Pengukuran Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Menggunakan Cobit 4.1 Pada Universitas Jenderal Achmad Yani. 6.

Syahadah, R. (2016, January 22). Pengertian Itil Bagian I. Itgid | It Governance Indonesia. Https://Itgid.Org/Pengertian-Itil/

Teknik Analisis Data: Pengertian, Macam, Dan Langkah-Langkahnya. (2021, May 19). Penerbit Deepublish. Https://Penerbitdeepublish.Com/Teknik-Analisis-Data/

Wardani, L. A. K., Murahartawaty, M., & Ramadani, L. (2016). Perancangan Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Itil Versi 3 Domain Service Transition Dan Service Operation Di Pemerintah Kota Bandung. Journal Of Information Systems Engineering And Business Intelligence, 2(2), 81–87. Https://Doi.Org/10.20473/Jisebi.2.2.81-87

Downloads

Published

2022-01-19

Issue

Section

Articles