Tingkat Kesuksesan E-Learning Edmodo Sebagai Sistem Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid 19 Adopsi Model DeLone&Mclean

Ibnu Sani Wijaya(1), Dodi Sandra(2), Khairuldi Khairuldi(3*), Eko Arip Winanto(4), Sharipuddin Sharipuddin(5)

(1) Dinamika Bangsa University
(2) Dinamika Bangsa University
(3) Dinamika Bangsa University
(4) Dinamika Bangsa University
(5) Dinamika Bangsa University
(*) Corresponding Author

Abstract


Edmodo merupakan platform pembelajaran online yang saat ini termasuk banyak digunakan di perguruan tinggi di Indonesia selama pandemic Covid19 salah satunya di Univeristas Dinamika Bangsa (UNAMA) Jambi. Dalam penelitian ini dilakukan pengevaluasian terhadapa kualitas kesuksesan LMS Edmodo pada platform-platform edmodo tersebut dengan mengadopsi model Delone And Mclean dengan 6 variabel yaitu Information Quality, System Quality, Service Quality, Use, User Statisfaction dan Net Benefit. Untuk data analisis menggunak Structural Equation Mode (SEM). Responden di penelitian ini adalah para dosen dan mahasiswa di UNAMA Jambi yang sebagai pengguna edmodo. Adapun tujuan penelitian ini untuk membuktikan sejauh mana kesuksesan yang penerapan Edmodo di universitas dinamika bangsa jambi. Responden pada penelitian ini sebanyak 166 responden. Data dikumpulkan dengan cara metode survey. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai R2 dengan variabel information quality dan system quality memiliki nilai 0.339 dikategorikan tingkat moderat/sedang. Artinya kedua variabel dependen memberikan pengaruh dan tinkat moderat/sedang terhadap variabel dependen. Untuk R2 variabel independent use dan user satisfaction memiliki substansial/kuat dengan nilai 0.707, artinya kedua variabel independen memberikan pengaruh dan tingkat Substansial/kuat terhadap variabel dependen

Keywords


Delone&Mclean, Edmodo, IS Success, SmartPLS

Full Text:

PDF

References


Hamzah B. Uno, Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Penidikan. PT Bumi Aksara, 2011.

Fahirah, S. Luna Eka Puterri, and P. Dewi Arnesia, “Analisis Google Classroom Sebagai Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Saat Pandemi Covid-19 Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. STI&K, vol. 4, no. September, pp. 57–64, 2020.

N. Seliana, A. I. Suroso, and L. N. Yuliati, “Evaluation of E-learning Implementation in the University Using Delone and Mclean Success Model,” J. Apl. Manaj., vol. 18, no. 2, pp. 345–352, 2020, doi: 10.21776/ub.jam.2020.018.02.15.

R. H. Huang, D. J. Liu, A. Tlili, J. F. Yang, and H. H. Wang, “Handbook on facilitating flexible learning during educational disruption: The Chinese experience in maintaining undisrupted learning in COVID-19 Outbreak,” Smart Learn. Inst. Beijing Norm. Univ. UNESCO, no. March, pp. 1–54, 2020, [Online]. Available: https://iite.unesco.org/news/handbook-on-facilitating-flexible-learning-during-educational-disruption/.

E. Tarihoran, “Guru dalam pengajaran abad 21,” J. Kateketik dan Pastor., vol. 4, no. 1, pp. 46–58, 2019, [Online]. Available: blob:http://e-journal.stp-ipi.ac.id/393f7271-9934-4891-ab16-b6f5cf42a9a7.

M. I. Mustofa, M. Chodzirin, L. Sayekti, and R. Fauzan, “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, p. 151, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

W. H. DeLone and E. R. McLean, “The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update,” J. Manag. Inf. Syst., vol. 19, no. 4, pp. 9–30, 2003, doi: 10.1080/07421222.2003.11045748.

W. H. DeLone and E. R. McLean, “Information systems success: The quest for the dependent variable,” Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 1, pp. 60–95, 1992, doi: 10.1287/isre.3.1.60.

W. H. DeLone and E. R. McLean, Information Systems Success Measurement, vol. 2, no. 1. 2016.

D. Agustino, “Delone & McLean IS Success Model,” 2019. https://sis.binus.ac.id/2019/04/11/delone-mclean-is-success-model/.

H. Kaya, “Blending technology with constructivism: Implications for an ELT classroom,” Teach. English with Technol., vol. 15, no. 1, pp. 3–13, 2015.

D. Kristiani, “E-learning dengan aplikasi Edmodo di sekolah menengah kejuruan,” Pros. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Call Pap. Unisbank, pp. 36–45, 2016, [Online]. Available: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/viewer.html?pdfurl=https%3A%2F%2Fmedia.neliti.com%2Fmedia%2Fpublications%2F173054-ID-e-learning-dengan-aplikasi-edmodo-di-sek.pdf&clen=152295&chunk=true.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 2014th ed. Bandung: Alfabeta.

Imam Ghozali, Structural equation modelling, II. Semarang: UNAMA Diponegoro, 2008.

L. K. Harahap, “Analisis SEM (Structural equation modelling) Dengan SMARTPLS (Partial Least Square),” Fak. Sains Dan Teknol. Uin Walisongo Semarang, no. 1, p. 1, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter