Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Sosial dengan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process

Rian Nugraha(1*), Dudih Gustian(2)

(1) Universitas Nusa Putra Sukabumi
(2) Universitas Nusa Putra Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Covid-19 tidak hanya mengakibatkan masalah kelumpuhan kesehatan tetapi juga berdampak pada berbagai aspek kehidupan lainnya seperti aspek ekonomi, pendidikan, dan juga beberapa aspek lainnya. Pada rangka memulihkan perekonomian negara, pemerintah membuat banyak program kebijakan guna memulihkan kesejahteraan penduduknya. Program tersebut diantaranya ialah strategi berupa bantuan sosial atau (bansos), strategi ini berupa uang tunai dan nontunai. juga kebutuhan pangan lainnya, setelah berjalannya bantuan program tersebut ternyata dirasa tidak tepat sasaran. Kurang selektifnya pemerintah dalam pemilihan kriteria yang ada pada warga, warga beranggapan bahwa data pemerintah rancu dan tidak sesuai dengan kondisi real dilapangan. Pada kenyataannya bantuan sosial harus disampaikan dengan cepat serta menggunakan data tepat. Untuk mengatasinya maka dibuatlah sebuah sistem yang disebut “Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Sosial” dengan memakai metode fuzzy dan proses analytical hierrarchy process (FAHP). Penelitian ini mengembangkan kriteria yang meliputi mata pencaharian, kondisi rumah, tanggungan, dan penghasilan. Penggabungan dua metode ini memberi solusi dan menghasilkan nilai akhir yang lebih baik, serta warga mana yang lebih berhak dan layak untuk menerima dana bantuan sosial ini, dengan rangking teratas berdasarkan kriteria dan data warga sebanyak 150 yang telah ditentukan, dan dengan begitu bantuan sosial dapat tersalurkan dengan lebih baik.


Keywords


Analytical Hierarchy Process, Fuzzy, Sistem Pendukung Keputusan, Bantuan sosial, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Rahmansyah, W., Qadri, R. A., Sakti, R. R. A., & Ikhsan, S. (2020). Pemetaan permasalahan penyaluran bantuan sosial untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 2(1), 90-102.

Saepudin, S., Gustian, D., & Firmansyah, H. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Simple Additive Weighting Dalam Pemilihan Calon Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 110-119.

A. A. Maulana and N. S. Hidayat, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Keluarga Miskin Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process – Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution ( AHP - TOPSIS ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 3890–3898, 2018.

Bermano, R. D. A., & Gustian, D. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER DI TENTERA COFFEE CORP DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. Jurnal Rekayasa Teknologi Nusa Putra, 5(1), 13-21.

Susanto, E. R., Puspaningrum, A. S., & Neneng, N. (2021). Model Rekomendasi Penerima Bantuan Sosial Berdasarkan Data Kesejahteraan Rakyat. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 1-12.

Sholihat, A., & Gustian, D. (2021, September). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)(STUDI KASUS: SMK DWI WARNA SUKABUMI). In Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra (Vol. 1, No. 01, pp. 140-147).

Rahmanita, E., Prastiti, N., & Jazari, I. (2018). Penggunaan Metode AHP dan FAHP dalam Pengukuran Kualitas Keamanan Website E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), 371-380.

Sutrisno, A., Setyaningsih, E. R., & Sugiono, J. P. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa di Madrasah Menggunakan Fuzzy Ahp. Mnemonic: Jurnal Teknik Informatika, 2(2), 24-31.

Hozairi, H., Buhari, B., Lumaksono, H., & Tukan, M. (2019). Selection of Marine Security Policy using Fuzzy-AHP TOPSIS Hybrid Approach. Knowledge Engineering and Data Science, 2(1), 19-30.

Kusumawardhany, N. (2017). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) STUDI KASUS: UNIVERSITAS BUDI LUHUR. Budi Luhur Information Technology, 14(1).

Elveny, M., & Syah, R. (2014). Analisis Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) Dalam Menentukan Posisi Jabatan. TECHSI-Jurnal Teknik Informatika, 6(1).




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter