Kajian Penerapan E – Learning Dalam Kuliah Online (Studi Kasus : ISB Atma Luhur)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1450

Keywords:

kuliah online, nilai mutu, variabel moderating

Abstract

Salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi adalah pendidikan. Globalisasi sekarang ini sangat berpengaruh terhadap perubahan metode pemebelajaran yang bersifat synchronous. Selain globalisasi dengan adanya pandemi Covid – 19 sekarang ini maka pembelajaran secara online diwajibkan untuk semua Perguruan Tinggi.Pada saat ini, teknologi merupakan salah satu tiang yang sangat penting dalam menopang keberhasilan suatu metode pembelajaran terutama pembelajaran secara online. Hal ini akan memacu kecepatan perubahan sosial dalam lingkungan kerja. Metode pembelajaran yang bersifat e-learning merupakan pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi bisa diterapkan dalam kuliah online sehingga menumbuhkan kepercayaan terhadap penggunaan teknologi itu sendiri yang menghasilkan peningkatan kinerja dan evaluasi kinerja diperlukan untuk memastikan bahwa teknologi informasi e-learning yang digunakan untuk metode pembelajaran yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan variabel penerapan e-learning (X) tidak berpengaruh signnifikan terhadapa variabel nilai mutu mahasiswa (Y) menurut pandangan mahasiswa sedangkan menurut pandangan dosen variabel penerapan e-learning (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel nilai mutu mahasiswa (Y)

Author Biography

Yuyi Andrika, ISB Atma Luhur

--

References

I. Mutia and Leonard, “Kajian Penerapan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi,” Fakt. Exacta, vol. 6, no. 4, pp. 278–289, 2013, [Online]. Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/view/239

E. Yuliana and S. Bahri, “Strategi Belajar Dengan Memanfaatkan E-Learning Pada Masa Pandemi Di Sdn 2 Kembang Kerang Aikmel,” BADA’A J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 219–228, 2020, doi: 10.37216/badaa.v2i2.361.

K. Robby and E. Angery, “JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ),” J. Ilm. MEA (Manajemen, Ekon. dan Akuntansi), vol. 5, no. 3, pp. 494–512, 2021.

A. E-learning et al., “1 , 2 , 3 1,” pp. 128–140, 2005.

Setyoningsih, “E Learning : Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi,” Elementary, vol. 3, no. 1, pp. 39–58, 2015.

M. Sukono, . “Kata kunci: E-learning, media belajar, tantangan. 110,” vol. 4, no. 2, pp. 110–124, 2020.

S. Silahuddin, “Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan,” CIRCUIT J. Ilm. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 48–59, 2015, doi: 10.22373/crc.v1i1.310.

A. H. Elyas, “Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” J. War., vol. 56, no. 04, pp. 1–11, 2018.

N. W. Abdulmajid, A. Pramuntadi, A. B. Riyanto, and E. Rochmah, “Penerapan E-Learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning Dan Peningkatan Kompetensi Siswa Smk Di Kabupaten Bantul,” Taman Vokasi, vol. 2, no. 2, p. 170, 2017, doi: 10.30738/jtvok.v5i2.2475.

E. Karwati, “Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa the Influence of E-Learning Based on Information Technology Toward Students Quality of Learning,” J. Penelit. Komun., vol. Vol. 17 No, no. 530, pp. 41–54, 2014.

A. R. Alatas and K. Supatmini, “Pengaruh Penggunaan E_Learning Terhadap Kinerja Dosen Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mujahidin Tolitoli: Effect Of The Use Of E_Learning On Lecturer …,” Econ. Bus. Manag. …, vol. 3, no. 1, pp. 9–16, 2021, [Online]. Available: https://www.mand-ycmm.org/index.php/eabmij/article/view/136

D. Fadillah, “Penerapan e-learning di sekolah dasar,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang 2021, pp. 134–141, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5500

Downloads

Published

2022-12-01

Issue

Section

Articles