Analisis Faktor Pengaruh Terhadap Kepuasan Penggunaan Jasa Logistik Online: Studi Kasus Maxim di Kota Batam

Kelvin Kelvin(1*), Muhamad Dody Firmansyah(2)

(1) Univeristas Internasional Batam
(2) Univeristas Internasional Batam
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor harga, kualitas pelayanan, kemudahan, kepercayaan dan citra merek terhadap terhadap kepuasan pengunaan jasa perusahaan logistik di kota Batam dengan menggunakan pendekatan Mixed Method. Masalah yang diperoleh pada penelitian ini adalah sulitnya membangun kepuasan kepada pengguna. Teknik pengambilan data sampel yang digunakan yaitu dengan teknik stratified dan cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah responden sebanyak 385 responden kuesioner dan 35 responden wawancara. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara kuantitatif faktor harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan, sedangkan faktor kemudahan penggunaan, kualitas pelayanan, kepercayaan dan citra merek secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan. Secara kualitatif faktor harga, kemudahan penggunaan, kualitas pelayanan, dan citra merek tidak berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan, sedangkan faktor kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan penggunaan. Adapun hasil uji koefisien determinasi ditujukan pada angka Adjusted R2 sebesar 0,74 untuk metode kualitatif dan 0,69 untuk metode kuantitatif. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa variabel bebas dalam penelitian ini dapat mendeskripsikan 74% secara kualitatif dan 70% secara kuantitatif dan 26% secara kualitatif dan 30% secara kuantitatif lainnya tidak dijelaskan pada penelitian ini. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pembaca untuk mengetahui bagaimana cara membuat pengguna merasa puas untuk menggunakan layanan dari Maxim di kota Batam.

Keywords


Kepuasan Penggunaan, Maxim, Mixed Method

Full Text:

PDF

References


M. Ngafifi, “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya,” J. Pembang. Pendidik. Fondasi dan Apl., vol. 2, no. 1, pp. 33–47, 2014.

L. Hendriyati and I. B. Santoso, “Strategi Pemasaran Food and Beverage Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cavinton Hotel Yogyakarta, Indonesia,” J. Tour. Econ., vol. 4, no. 1, pp. 60–72, 2021.

N. Susanti, “Perancangan E-Marketing UMKM Kerajinan Tas,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 717–722, 2018.

Y. Maghfira, “Maxim, transportasi online asal Rusia yang mulai gencar ekspansi ke Indonesia,” 2019. https://industri.kontan.co.id/news/maxim-transportasi-online-asal-rusia-yang-mulai-gencar-ekspansi-ke-indonesia (accessed Sep. 01, 2022).

M. Ikhsan, “Kenalan Dengan Maxim, Aplikasi Transportasi Online Baru Di Batam,” 2019. https://www.batamnews.co.id/berita-52322-kenalan-dengan-maxim-aplikasi-transportasi-online-baru-di-batam.html#:~:text=Batam - Sejak Februari 2019%2C aplikasi,menjadi pesaing Gojek dan Grab. (accessed Sep. 01, 2022).

Y. Trisusanti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru),” Jom Fisip, vol. 4, no. 2, pp. 1–16, 2017.

M. S. Adha, “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Risiko Dan Pengaruh Lingkungan Terhadap Niat Dalam Melakukan Pembayaran Menggunakan Go-Pay Pada Aplikasi Go-Jek,” J. Ilm. Mahasisiwa FEB, vol. 9, no. 2, 2020.

M. Raiyan and M. R. Siregar, “Pengaruh Persepsi Risiko, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Variabel Kepercayaan Pada Pengguna Jasa Angkutan Gojek Di Banda Aceh Pada Pandemi COVID-19,” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 150–164, 2021.

S. Monica and A. Saputra, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Maxim Di Kota Batam,” Sci. J. J. Ilm. Mhs., vol. 3, no. 3, 2021.

I. Septayuda, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Di Kota Palembang,” J. Ilm. MBiA, vol. 17, no. 1, pp. 25–34, 2018.

A. Kresnamurti Rivai P, Suneni, and I. Febrilia, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab,” Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1, pp. 204–225, 2019.

A. Sudirman, F. Halim, and R. J. Pinem, “Kepercayaan Sebagai Pemediasi Dampak Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 3, no. 3, p. 66, 2020.

I. Faizati, R. Arifin, and R. Millaningtyas, “Pengaruh Harga, Kemudahan, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Gojek Di Kota Malang(Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Gojek Di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang),” E-Jurnal Ris. Manaj., pp. 121–136, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter