Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap E-Customer Loyalty Pada Pengguna Dompet Digital DANA Melalui E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening
(1) Universitas Mulawarman
(2) Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
B. Indonesia, “Mengenal Financial Teknologi,” bi.go.id, 2018. https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-Financial-Teknologi.aspx (accessed Sep. 17, 2022).
A. M. Liani and A. Yusuf, “Pengaruh E-Trust terhadap E-Loyalty Dimediasi oleh E- Satisfaction pada Pengguna Dompet Digital Gopay,” YUME J. Manag., vol. 4, no. 1, pp. 138–149, 2021.
Populix.co, “Consumer Preference Towards Banking and E-Wallet Apps,” https://info.populix.co/report/, 2022.
G. P. L. Permana, H. P. S. Rini, and I. G. N. D. Paramartha, “Fintech Dari Perspektif Perilaku User Dalam Penggunaan E-Wallet Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” Widya Akunt. dan Keuang., pp. 50–60, 2021.
Sulaeman, “Rahasia Dompet Digital DANA Catatkan Pelanggan Hingga 120 Juta,” m.merdeka.com, 2018.
Melinda, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Pelanggan Go-Jek Melalui E-Satisfaction Pada Kategori Go-Ride,” AGORA, vol. 5, no. 1, 2017.
S. Riza and R. F. Sutopo, “Riza, S., & Sutopo, S. (2017). Analisis pengaruh kualitas e-service, kualitas informasi dan kemudahan terhadap e-loyalty dengan e-satisfaction sebagai variabel intervensi (Studi Pada Pelanggan Lazada Indonesia),” J. Manaj. Diponegoro, vol. 6, no. 4, pp. 929–941, 2017.
J. Chen, C. Zhang, and Y. Xu, “The role of Mutual Trust in Building Members’ Loyalty to a C2C Platform Provider,” Int. J. Electron. Commer., pp. 147–171, 2009, doi: 10.2753/JEC1086-4415140105.
A. Fitriani, “Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap E-Loyalty dengan E-Satisfaction sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna E-Commerce C2C Shopee,” UIN Alauddin Makassar, 2018.
S. S. Wijiutami and D. Octavia, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Serta Dampaknya pada E-Loyalty Pelanggan E-Commerce C2C di Kota Jakarta dan Bandung,” e-Proceeding Manag. , vol. 4, no. 3, pp. 2212–2220, 2017.
A. Parasuraman, V. A. Zeithaml, and A. Malhotra, “E-S-QUAL A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality,” J. Serv. Res., vol. 7, no. 3, pp. 213–233, 2005, doi: 10.1177/1094670504271156.
F. Tjiptono, Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, 1st ed. Andi, 2019.
A. Revita, “E-Satisfaction Dan E-Trust Mempengaruhi E-Loyalty Konsumen Wanita Dalam Sosial Media,” PERFORMA J. Manaj. dan Start-Up Bisnis, vol. 1, no. 4, pp. 505–513, 2016.
R. A. Kartono and I. Halilah, “Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Seller di Bukalapak),” Pros. Ind. Res. Work. Natl. Semin., vol. 10, pp. 1204–1213, 2019, doi: 10.35313/irwns.v10i1.1463.
S. S. Kasih and N. N. K. Moeliono, “Pengaruh E-Service Quality Dan E-Trust Terhadap E- Loyalty Dengan E-Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Sorabel Di Bandung),” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj., vol. 5, no. 4, pp. 780–791, 2020, [Online]. Available: http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/15512
A. Tobagus, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction pada Pengguna di Situs Tokopedia,” AGORA, vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2018.
M. M. Jeon and M. Jeong, “Customers’ perceived website service quality and its effects on e-loyalty,” Int. J. Contemp. Hosp. Manag., vol. 29, no. 1, pp. 438–457, 2017, doi: 10.1108/IJCHM-02-2015-0054.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2019.
I. Ghozali and H. Latan, Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris, 2nd ed. Semarang: Badan Penerbit Undip, 2015.
A. Hakam, N. Hidayati, and Supriyanto, “The Effect of E-Service Quality and E-Trust on Consumer Loyalty through Consumer Satisfaction as Intervening Variables (Case Study on Shopee Users in Malang Regency),” Budapest Int. Res. Critics Inst., vol. 5, pp. 12678–12687, 2022.
S. Rahmawaty, B. R. Kartawinata, A. Akbar, and T. I. Wijaksana, “The effect of e-service quality and E-trust on E-customer loyalty through E-customer satisfaction as an intervening variable (Study on gopay users in bandung),” Proc. Int. Conf. Ind. Eng. Oper. Manag., pp. 5495–5506, 2021.
J. J. Tri Atmojo and T. Widodo, “Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Customer Loyalty melalui E-Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tiket.com,” J. Manaj., vol. 13, no. 1, p. 133, 2022, doi: 10.32832/jm-uika.v13i1.5092.
DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v12i1.1593
Refbacks
- There are currently no refbacks.