Desain Aplikasi Pengelolaan Laboratorium Komputer

Elly Yanuarti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Laboratorium komputer merupakan unit pelaksana teknis yang digunakan oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan praktikum yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar agar dapat menerapkan teori dan konsep yang didapatkan diperkuliahan. Agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan lancar maka laboratorium komputer harus dikelola dengan baik seperti dalam pencatatan administrasi, pendataan inventaris, perawatan komputer serta pelaporan. Untuk mendukung kegiatan tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah dalam pengolahan data dan pembuatan laporan. Rancangan sistem dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sistem berorientasi objek dengan pemodelan UML. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pengelolaan laboratorium komputer yang dapat mempermudah dalam melakukan pendataan serta dapat menghasilkan keluaran lebih mudah dan akurat.

Keywords


Pengelolaan Laboratorium Komputer, Pendekatan Berorientasi Objek, UML

Full Text:

PDF

References


https://id.wikipedia.org/wiki/Laboratorium_komputer (diakses 1 Agustus 2016).

M. Shalahudin & Rosa A.S., (2008). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Bandung : Politeknik Telkom.

Nailburg, Eric J., dan Robert A. Maksimchuck. (2002). UML For Database Design. Boston : Addison-Wesley.

Sutanta, Edhy. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta : Andi.

Indrajani. (2011). Perancangan Basis Data dalam Allin1. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Susanti, Nanik dan Moh. Arifin.(2012). Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIMLAB) Studi Kasus Laboratorium Progdi Sistem Informasi UMK. Majalah Ilmiah Informatika Vol. 3 No. 1.

Liliana.(2012). Perancangan Sistem Informasi Inventaris di Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Informatika Universitas “X”. Prosiding SNASTIA




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter