Face Identification For Presence Applications Using Violajones and Eigenface Algorithm

Chandra Kirana(1*), Burham Isnanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem presensi merupakan hal yang sangat penting di dalam suatu lingkup kerja, seperti perkantoran, sekolah, maupun universitas. Sistem presensi saat ini telah berkembang dalam berbagai jenis, diantaranya sistem presensi secara manual, barcode, sidik jari, iris mata dan pengenalan wajah. Saat ini telah rata-rata perusahaan telah menggunakan sistem presensi fingerprint. Sistem presensi menggunakan sidik jari ini masih memiliki kekurangan dan kelemahan yang disebabkan  human error, seperti scansidik jari sulit diterima. Hal ini bisa dikarenakan kondisi jari yang tidak normal, seperti basah, kotor, terlalu kering, maupun ujung jari terkelupas. Dengan adanya perkembangan teknologi mobile saat ini,  maka diusulkan sebuah sistem presensi berbasis wajah yang akan dibangun dengan menggunakan metode Viola–Jones dan Eigenface pada smartphone. Metode Viola - Jones merupakan algoritma yang paling banyak digunakan untuk mendeteksi wajah dikarenakan metode Viola-Jones mampu mendeteksi secara real-time, cepat, efisien, dan juga mempunyai keakuratan yang sangat tinggi dalam mendeteksi wajah.  Metode Viola-Jones ini menggabungkan empat kunci utama yaitu: Haar Like Feature, Integral Image, AdaBoost Learning ,dan Cascade Classifier. Algoritma Eigenface digunakan untuk melakukan identifikasi citra wajah yang terdeteksi dari suatu citra wajah dengan menggunakan Principal Component Analysis (PCA). Setelah dilakukan pengujian, aplikasi presensi wajah yang diusulkan mampu menghasilkan tingkat akurasi sebesar 90,90%.

Keywords


Viola-Jones, Principal Component Analysis (PCA), Eigenface, Mobile, Sistem Presensi, Smartphone

Full Text:

PDF

References


Putro, M.D., 2012. Sistem Deteksi Wajah dengan Menggunakan Metode Viola-Jones, Seminar SCiETec,22 February 2012, UNIBRAW, Malang, pp.1–5,https://repository.ugm.ac.id/id/eprint/32427

Prasetya, D.A. & Nurviyanto, I., 2012. Deteksi wajah metode violajones pada opencv menggunakan pemrograman python, Tesis, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta , pp.18–23,

Nugraha, R., 2011. Game TicTacToe Dengan Gerakan Jari Menggunakan Metode Viola And Jones, Tesis, Program Pasca Sarjana Teknologi Informasi, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Muliawan, M.R., Irawan, B. & Brianorman, Y., 2015. IMPLEMENTASI PENGENALAN WAJAH DENGAN METODE EIGENFACE PADA SISTEM ABSENSI, Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, vol 3, No 1(2015).

Putra, N.T.A., Dwidasmara, I.B.G. & Astawa, I.G.S., 2014. PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM ABSENSI REALTIME MELALUI METODE PENGENALAN WAJAH. Jurnal Sains dan Teknologi, 2014 - ejournal.undiksha.ac.id, pp.450–467.

Putra, R.S., 2013. PERANCANGAN APLIKASI ABSENSI DENGAN DETEKSI WAJAH MENGGUNAKAN METODE EIGENFCE, Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IV, Nomor: 2, Agustus 2013.

Nugraha, I.S. et al., 2015. APLIKASI ANDROID DETEKSI MATA MENGGUNAKAN METODE VIOLA-JONES, Tesis,Program Pasca Sarjana Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Santoso, H. & Harjoko, A., 2013. Haar Cascade Classifier dan Algoritma Adaboost untuk Deteksi Banyak Wajah dalam Ruang Kelas. Jurnal Teknologi AKPRIND, 6(2), pp.108–115. Available at: http://jurtek.akprind.ac.id/sites/default/files/108-115_santoso.pdf.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v5i2.189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter