Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Berkas Pertanggungjawaban Anggaran APBD pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Fico Setiawan(1*), Elly Yanuarti(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem pengelolaan arsip memegang peranan penting bagi jalannya suatu organisasi yang dapat bermanfaat sebagai sumber informasi yang dapat dijadikan bahan penilaian dan pengambilan keputusan untuk penyusunan program pengembangan organisasi. Pengarsipan berkas pertanggungjawaban anggaran belanja derah yang dilakukan di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum begitu baik dimana sering terjadi kehilangan berkas dan tidak pernah dilakukan backup data sehingga berkas harus dibuat ulang. Untuk itu dirasakan perlu adanya sebuah sistem informasi yang dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada. Analisa dan perancangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode berorientasi objek dengan pemodelan UML dan menggunakan tools Rational Rose. Penelitian ini menghasilkan desain sistem informasi pengarsipan yang mampu menghasilkan informasi yang cepat dan akurat bagi pengambilan keputusan.

Keywords


Sistem Informasi, Sistem Informasi Pengarsipan, UML

Full Text:

PDF

References


Whitten, Jeffery L, et al. Sistem Analysis and Design Methods. New York : McGraw-Hill/Irwin, 2004.

Jogiyanto, Hartono. Analisis & Design Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi, 2005.

Munawar, Ahmad. Pemodelan Visual Dengan UML Jakarta : Graha Ilmu, 2005.

Munawar, Ahmad. Pemodelan Visual Dengan UML.

Jakarta : Graha Ilmu, 2005.

Sutopo, Aristo Hadi. Analisis Dan Desain Berorientasi Objek. Jakarta : J&J Learning. Yogyakarta, 2002.

Schwalbe, Katty. Managing Information Technology Projects. Canada : Course Technology, 2004.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v5i1.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter