Marine Fuel Management Berbasis Android

Muhammad Hamdan(1), Ari Amir Alkodri(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Aplikasi MFM  secara umum adalah sebuah aplikasi perhitungan dengan tujuan untuk mengetahui bahan bakar pada kapal tanker. Dalam hal ini aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk menghitung bahan bakar pada kapal tanker tapi juga digunakan sebagai media ditujukkan untuk perusahaan perkapalan.  Perancangan dan pembangun perangkat lunak  ini menggunakan sistem android dan metode waterfall . Aplikasi ini juga dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman java dengan emulator eclipse juno. Hasil penelitian Perancangan dan Pembangun Perangkat Lunak ( Metode Waterfall) ini adalah  alat media untuk  menghitung pengguna volume bahan bakar yang setiap harinya terpakai pada kapal tanker dengan cara menjalankan smartphone Android dan untuk mengetahui jumlah tersisa volume bahan bakar pada kapal tanker tersebut.

Keywords


Aplikasi Perhitungan, Android, Marine Fuel Management

Full Text:

PDF

References


Dr. Rudolf, 1892, "Theory and Construction of A Rational Heat Engine for Substitution of the Steam Engines and that Today Admitted Combustion Engines", Berlin, Jerman.

Ebranda A. E, Mardiani, dan Tinaliah. (2013), Penerapan Metode Naïve Bayes Untuk Sistem Klasifikasi SMS Pada Smartphone Android, STMIK MDP, Palembang.

Kurniawati, S. Calvin, danYustina, M. (2012),Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Self – Learning Pada Sistem Operasi Android, Skripsi S1., UNIKOM, Bandung.

Kusumah, Adzie R,R. (2014), Pembangunan Aplikasi Game Kabayan Berhitung, Skripsi S1., UNIKOM, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i2.198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter