Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Client Server Berbasis Moodle Pada Platform Android Untuk Materi Training Tenaga Pemasaran Di Miracle Agency Cabang Bangka

Ode Riski(1), Delpiah Wahyuningsih(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Miracle Agency cabang Bangka merupakan Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) dari PT. Prudential Life Assurance yang bergerak dalam bidang asuransi yang berada di Jl. Alexander blok 9 & 10 A commercial area citraland dan memliki lebih dari 300 tenaga pemasaran. Sistem training yang digunakan oleh Miracle Agency cabang Bangka untuk tenaga pemasaran adalah dengan pembelajaran secara konvensional, maka antara pengajar dan peserta melakukan pertemuan secara langsung yang berada pada ruang fisik yang sama. M-Learning adalah metode pembelajaran dengan menggunakan teknologi informasi yang dapat membantu peserta training dalam mempelajari materi training tanpa harus mengikuti pertemuan secara langsung. Aplikasi mobile learning client server berbasis moodle pada platform android adalah suatu solusi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan pada Miracle Agency yang merupakan Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) dari PT. Prudential Life Assurance karena dengan mobile learning dan smart phone sebagai media penghubung, peserta training atau tenaga pemasaran dapat dengan mudah mengakses topik materi tanpa harus mengikuti training sebelumnya. Dapat disimpulkan dengan menggunakan aplikasi mobile learning ini sistem pembelajaran akan dapat dilakukan secara mudah,efisien dan tentunya dengan cakupan waktu yang lebih luas.

Keywords


Android, Mobile Learning, Client Server, Moodle, Miracle Agency

Full Text:

PDF

References


Amiral, Muhammad. Aplikasi Pengingat Sholat dan Arah Kiblat Menggunakan Global Positioning System (GPS) berbasis Android 1.6. Teknik Informatika, Institut Teknologi Indonesia. 2010

Dharwiyanti, S., dan Wahono, R.S. Pengantar Unified Modeling Language (UML). Ilmu Komputer, 2003, 1-13.

Efendi, Empy dan Hartono Zhuang. e-Learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi, 2005.

Holzinger, A. ; Nischelwitzer, A. ; Meisenberger, M. Mobile Phones as a Challenge for M-Learning: Examples for Mobile Interactive Learning Objects (MILOs). PerCom 2005 Workshops, Vol. No. 307-311.

Parson, David. A Design Requirment Framewrok Mobile Learning Environment. Journal of Computer, Vol. 2 No. 4.

Quinn, C. M-Learning, Mobile Wireless in Your Pocket Learning. Fall : LiNe Zine, 2000.

Suhendar. A. Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose. Bandung : Informatika, 2002.

Tantra, Rudy. Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi, 2012.

Wahono. Sistem eLearning Berbasis Model Motivasi Komunitas. Jurnal Teknodik, Vol. XI No. 21. 60-80.

Widhiartha, Putu Ashintiya. Lesson Study, Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik, Pendidikan Non Formal. Surabaya: Prima Printing, 2008.

Widjaya, Iwan Kurniawan. Manajemen Proyek Teknologi Informasi / GHI. Jakarta : Graha Ilmu, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v4i2.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter