Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kawasan Pertambangan Timah Berbasis Web Studi Kasus Di Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Bangka Tengah

Heriadi Heriadi(1), Delpiah Wahyuningsih(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kabupaten Bangka Tengah merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki daerah yang cukup luas. Dengan perkembangan teknologi saat ini, untuk mengetahui suatu lokasi kesehatan, pendidikan dan pariwisata cukup mudah dengan bantuan media website, namun untuk lokasi pertambangan belum tersedia, sehingga pemerintah maupun Masyarakat sulit mengetahui lokasi kawasan pertambangan di kawasan Kabupaten Bangka Tengah yang memiliki izin resmi. Oleh karena itu, salah satu cara untuk membantu masyarakat dalam mencari informasi adalah dengan membuat aplikasi sistem informasi geografis yang dapat memberikan informasi lokasi kawasan pertambangan dengan menggunakan media website. Dengan memanfaatkan WebGIS ini, titik lokasi kawasan pertambangan akan ditampilkan sedetail mungkin dalam tampilan web yang sederhana sehingga mudah digunakan pemerintah maupun masyarakat. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dengan cepat dan akurat untuk menghemat biaya dan waktu. Penerapan aplikasi ini akan berdampak positif bagi masyarakat dan pemerintah Bangka Tengah

Keywords


Webgis, Sistem Informasi Geografis, kawasan pertambangan

Full Text:

PDF

References


Ramadona, Aditya dan Hari Kusnanto. Open Source GIS (Aplikasi Quantum GIS Untuk Sistem Informasi Lingkungan). BPFE. Yogyakarta. 2012.

Komputer, Wahana. 2013. Adobe Dreamweaver CS6. CV Andi Offset. Yogyakarta.

Indarto, Sistem Informasi Geografis, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Taufik, Rahmat, Sistem Informasi Manajemen ( Konsep Dasar, Analisis dan Metode Pengembangan ), Yogyakarta:Graha Ilmu, 2013.

Akmal, Galih Dwi Nisa, Membangun Sistem Informasi Geografis Pemetaan Perguruan Tinggi Di DIY Berbasis Web, Yogyakarta: STMIK AMIKOM, 2011.

Kusrianto, Adi. 2005. Panduan Lengkap Memakai Microsoft Office Project 2003. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Online: Teori, Praktik, dan Pembuatan Aplikasi (Menggunakan HTML, PHP, dan CSS). PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

A. S. , Rosa dan M. Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Faradiansyah, Yoga. 2011. Sistem Informasi Objek Pariwisata Pada Kabupaten Banyumas Berbasis Mobile. STMIK AMIKOM. Yogyakarta.

F.K. Sibero, Alexander. 2012. Kitab Suci Web Programing. Mediakom. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v3i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter