Pengontrol Alat Penyiram Taman Otomatis Menggunakan SMS Berbasis Mikrokontroller IC Atmega 16

Yurindra Yurindra(1*), Mohammad Sobri(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan pembuatan alat ini adalah untuk mengurangi kerepotan user dari penyiram taman secara manual yang banyak menguras tenaga menjadi penyiram taman  secara  canggih  yang  tidak  menguras  tenaga. Alat  ini  menggunakan password  sebagai  pengaman  dalam  alat  ini,sehingga  user  lain  yang  mau menjalankan alat ini tidak bisa tanpa mengetahui password tersebut. Selain itu alat ini dapat digunakan secara manual. Hal seperti ini memerlukan suatu pemecahan teknologi yang tepat guna. Pengujian sistem keseluruhan ini merupakan uji coba keadaan-keadaan realitas pada saat digunakan. Pengontrol alat menggunakan sms maupun manual harus menggunakan password yang benar serta menggunakan format sms yang benar dan sudah ditentukan,sehingga user dan alat pengontrol dapat berjalan dengan lancar.User dapat mengendalikan alat tersebut kapan saja dan dari mana saja user berada.

Keywords


SMS , Mikrokontroler , ATMEGA 16

Full Text:

PDF

References


Fauzi, I.R. dan Zuda, E.N. “Sistem Peringatan Kebocoran Gas LPG Dan Kebakaran Berbasis SMS Menggunakan Atmega8535”. Yogyakarya: 2010.

Febriansyah. Analisis dan Perancangan Keamanan Data Menggunakan Algoritma Kriptografi DES ( data encryption standard ). Palembang: 2012.

Fitrah Rian. Analisis Dan Perancangan Perpustakaan Digital Dan Sistem Otomasi Perpustakaan SMA Negeri 3. Palembang: 2012.

Prabhandita Aditya. Pengembangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Trainer Kit Sensor Ultrasonik Pada Mata Diklat Praktik Sensor Dan Transduser Di SMK N 2 Sleman. YOGYAKARTA: 2012.

Saputra, Zainudin 2014. Pengontrolan Lampu Penerangan Menggunakan Mikrokontroler Melalui LAN (Local Area Network) di SMK Negeri 2 Pangkalpinang. Skripsi. STMIK Atma Luhur. Pangkalpinang.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v3i1.211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter