Perancangan Aplikasi Pengenalan Tempat Wisata di Jawa Barat Berbasis Multimedia

Desiyanna Lasut(1*), Susanto Haryanto(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi telah berkembang pesat sesuai dengan perkembangan jaman dan pemikiran manusia. Pada jaman sekarang ini teknologi telah digunakan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan jasmani maupun komunikasi saja tapi teknologi juga digunakan untuk mencari dan mengetahui tempat wisata terpopuler dan yang menarik. Adapun yang menjadi daya tarik bagi manusia yaitu: adanya keinginan untuk mencari tempat wisata yang sangat sesuai dengan keinginan masing-masing setiap manusia tersebut, namun padatnya manusia dengan aktivitas akan penggunaan teknologi maka membuat mereka cenderung memilih untuk hidup praktis.  Hal ini menjadikan banyak yang belum mengetahui tempat wisata apa aja yang menarik dan unik di Jawa Barat. Jawa Barat merupakan salah satu Propinsi yang kaya akan tempat wisata dengan keindahan dan keunikannya. Banyak tempat wisata di Jawa Barat yang jauh informasi nya dari manusia dan minim nya informasi yang lebih lengkap tentang tempat wisata di Jawa Barat. Banyak manusia hanya tahu tempat wisata tersebut tapi tidak tahu asal mula tempat wisata tersebut beserta keunikan yang ada di dalam tempat wisata tersebut. Aplikasi ini dilengkapi dengan animasi, teori, dan pendapat – pendapat terkemuka, agar pengguna dapat memahami maksud dan isi informasi yang disampaikan dalam bentuk aplikasi dengan mudah dan menarik. Rancangan aplikasi ini menggunakan storyboard yang terdiri dari halaman intro, user id, menu utama dan menu jawa barat, hiburan, evaluasi, dan 16 daerah yang terdapat pada dalam sebuah peta jawa barat masing-masing daerah berisi tempat wisata yang akan menampilkan video, gambar, penjelasan materi belajar yang dibuat dengan menggunakan Adobe Flash CS5 sebagai software utamanya dan codiing sebagai pembangun aplikasi [5]. Pengujian sistem dengan menggunakan metode white box dengan menganalisa alur aplikasi dan black box dengan menguji semua tombol pada aplikasi serta menggunakan kuisioner untuk mengetahui pendapat pengguna mengenai aplikasi yang telah dibuat. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran ini dapat meningkatkan pemahaman dan telah mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tentang tempat wisata di jawa barat, mengetahui tempat wisata yang menarik di Jawa Barat, dan mempunyai standarisasi informasi yang diketahui dari informasi yang diterima, sehingga banyak orang dapat memutuskan tempat wisata yang cocok.

Keywords


Perancangan; Aplikasi; Pengenalan; Multimedia; Tempat Wisata; Jawa Barat; Edukasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v5i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter