Sistem Informasi Pengelolaan Kerjasama Bidang Humas pada STMIK STIKOM Indonesia

Welda Welda(1*), Brigida Arie Minartiningtyas(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu kegiatan utama bidang Hubungan Masyarakat (Humas) STMIK STIKOM Indonesia adalah mengelola kerjasama antara STMIK STIKOM Indonesia dengan pihak eksternal. Pengelolaan kerjasama pada bidang Humas tidak terlepas dari pembuatan, pengajuan dan pengarsipan bukti kerjasama (MoU). Saat ini, data dan informasi yang berhubungan dengan kerjasama pihak eksternal di STMIK STIKOM Indonesia masih diproses dan disimpan dengan pengarsipan manual, dimana semua MoU dan bukti kerjasama lainnya disimpan di folder dan lemari. Sementara pendataan partner juga hanya tercatat pada Laporan Kerjasama yang dihasilkan setiap periodenya saja. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam pengelolaan kerjasama yang dirasakan oleh Humas. Terutama dalam mengarsip MoU, mencari MoU, ataupun mendata dan mengetahui kerjasama-kerjasama yang masih berjalan maupun yang telah habis masa berlakunya. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk membangun sebuah sistem informasi terkomputerisasi yang dapat membantu pencatatan, pengarsipan, dan penyediaan informasi yang berhubungan dengan kerjasama bagi Humas STMIK STIKOM Indonesia. Penelitian dilakukan dengan tahapan-tahapan: pengumpulan data, studi literatur, analisa dan perancangan sistem, pembuatan program, dan tahapan implementasi/pengujian. Data Flow Diagram (DFD) digunakan sebagai tools perancangan alur sistem dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk perancangan konsep datanya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Pengelolaan Kerjasama Bidang Humas yang dapat membantu mencatat seluruh data partner, data kerjasama yang telah dilakukan, informasi masa berlaku kerjasama, dan pengarsipan MoU secara terkomputerisasi. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat membantu mempermudah pekerjaan bidang Humas STMIK STIKOM Indonesia dan meningkatkan kualitas kerjasama dengan pihak luar.

Keywords


Humas, Kerjasama, Pengelolaan, Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


Jogiyanto HM., “Analisis & Desain : Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis”, Yogyakarta : ANDI, 2005.

Kadir, Abdul, “Pengenalan Sistem Informasi”, Yogyakarta : ANDI, 2003.

Abdulsyani, “Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan”, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Purwadarminta, W.J.S., “Kamus Umum Bahasa Indonesia”, Jakarta: Balai Pustaka, 1985.

Cutlip, Scott M., Allen H. Center, Glen M. Broom, “Effective Public Relations”, New Jersey: Prentice Hall, 2000.

Fraser P. Seitel, “The Practice of Public Relations, 9th Edition, Upper Saddle River”, New Jersey: Pearson Education, Inc., 2004.

Kusrini, “Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data”, Yogyakarta : ANDI, 2007.

Al Fatta, Hanif, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi”, Yogyakarta : ANDI, 2007.

Mulyanto, Agus, “Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi”, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Yuhefizar, “Cara Mudah dan Murah Membangun & Mengelola Website”, Jakarta: Graha Ilmu, 2013.

Nugroho, Bunafit, “Database Relational dengan MySQL”, Yogyakarta: Andi, 2005.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter