Perancangan Aplikasi Nilai Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 23 Palembang

Authors

  • Mariana Purba

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.253

Keywords:

Microsoft Visual Basic, Microsoft Access, File

Abstract

Penelitian ini bertujuan dapat membantu pekerjaan setiap pegawai yang membutuhkan data siswa, data mata pelajaran, dan data nilai siswa pada Sekolah Dasar Negeri 23 Palembang dimana pada Sekolah Dasar Negeri 23 Palembang penyampaian informasi yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan sederhana. Ini terlihat dari masih menggunakan kertas dan kalkulator dalam menghitung nilai  siswa. Sistem nilai yang berjalan di  Sekolah ini dalam proses penyampaian informasi pembuatan nilai akhir rapor masih dilakukan secara manual. Proses-proses tersebut mempunyai kerumitan tersendiri terkait dengan fasilitas yang tersedia. Hal ini juga menimbulkan berbagai permasalahan lainnya seperti proses penyampaian laporan yang tidak tepat waktu, serta pencarian data yang membutuhkan waktu lama. Hal ini pun menyulitkan  Guru  dalam  memberikan  laporan  kepada kepala sekolah. Dengan  adanya aplikasi menngunakan bahasa permrograman microsoft visual basic dan database access data nilai siswa ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam mempercepat rekap hasil nilai siswa  dan pembuatan terhadap backup file-file yang penting bagi sekolah sebaiknya dilakukan setiap akhir bulan dan mengingat perkembangan zaman yang semakin hari semakin berkembang terutama dibidang teknologi yang membantu aktivitas disegala bidang terutama bidang pendidikan, sebaiknya sekolah jangan sampai ketinggalan arus teknologi tersebut dalam membantu pembangunan nasional.

References

ANDI. (2010). Mahir dalam 7 Hari: Microsoft Visual Basic 6.0 + Crystal Report 2008. Yogyakarta : ANDI OFFSET.

Fathansyah. (2012). Basis Data. Bandung : Informatika Bandung.

Sutanta, Edhy. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Nugroho, Adi. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Bandung : ANDI.

Downloads

Published

2017-09-25

Issue

Section

Articles