Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Inventory Sparepart Kapal Berbasis Web : Studi Kasus Asia Group Pangkalpinang

Hengki Hengki(1*), Susan Suprawiro(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ASIA Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pertambangan laut yang merupakan mitra PT. Timah (Persero) Tbk. Saat ini sistem yang berjalan masih terdapat kekurangan seperti pencarian data, pencatatan data, dan pembuatan laporan yang cukup lama. Hal ini dapat memperlambat karyawan dalam pendataan inventory sparepart. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah sistem inventory berbasis web yang dibutuhkan perusahaan sehingga mampu meningkatkan kinerja karyawan ASIA Group dalam pengelolaan data sparepart kapal. Dalam menganalisa dan merancang sistem ini menggunakan model waterfall yang berorientasi objek dan berbasis web yang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan Mysql sebagai database. Alat pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Unified Modelling Language (UML). Sistem digunakan untuk mempercepat proses pengolahan data sparepart oleh User Cabang dan pencetakan laporan sehingga perusahaan dapat lebih efisien dan efektif. Sistem inventory ini berbasis web sehingga dapat digunakan dengan mudah, user friendly dan mengelola data sparepart yang bisa dilakukan secara fleksibel dengan berbagai menu yang tersedia untuk User Cabang dan Manajer Purchasing.

Keywords


Inventory, Web, Sparepart, PHP, Mysql

Full Text:

PDF

References


Deni, M., 2011, Analisa dan Rancangan Sistem Informasi Pengadaan Barang dengan Metodologi Berorientasi Objek : Studi Kasus PT. Liga Indonesia, Skripsi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, Jakarta.

Arisma, S., 2010, Pengembangan Sistem Informasi Inventory pada PT. Dwiwarna Inti Sejahtera, Skripsi, Program Sarjana Ilmu Komputer, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Muharto dan Arisandy, A. M.Kom, 2016, Metode Penelitian Sistem Infomasi : Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian, Deepublish, Yogyakarta.

Carlos, E. Otero, 2012, Software Engineering Design : Theory and Practice, Taylor & Francis Group, Boca Raton.

Adi, N., 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java, Andi Offset, Yogyakarta.

Hengki, 2017. Business Intelligence Guna Mendukung Keputusan Strategis Ketua Program Studi Dengan Model Fast. Jurnal Informatika Global Vol 8, No 1.

Saputro, S. H., dan Hengki, 2016. Analisis Pengaruh Biaya Perkuliahan, Biaya Promosi Dan Faktor Eksternal (Uncontrollable) Terhadap Penerimaan Jumlah Mahasiswa Baru Di Kampus STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Jurnal Sisfokom Vol 5, No 1.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter