Perancangan Sistem Informasi Administrasi Surat Berbasis Desktop Pada Kantor Notaris Hoiril Masuli, Sh, M.Kn

Agus Dendi Rachmatsyah(1*), Datia Merlini(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada Kantor Notaris Hoiril Masuli, Sh, M.Kn dalam pengelolaan penerimaan berkas masih menggunakan cara manual dan belum terkomputerisasi. Hal ini meyulitkan pegawai dalam pengelolaan data klien, seperti halnya dalam penyimpanan data-data yang masih disimpan dalam bentuk berkas sehingga menyulitkan pegawai dalam mencari data berkas masuk dari klien ataupun berkas yang sudah selesai dibuat serta berkas yang sudah diambil klien. Untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi, untuk mempercepat pekerjaan dan memudahkan pengelolahaan data perlu adanya sistem yang terkomputerisasi dalam pengelolaan berkas klien. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah berorientasi objek, model penelitian yang digunakan adalah Waterfall serta tools yang digunakan adalah UML (Unified Model Language).

Keywords


Sistem Informasi, Notaris, Administrasi, Surat Menyurat

Full Text:

PDF

References


Agus, Mulyanto. 2009:29. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.

Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi

Sugiyono, 2013:2, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sholiq, 2010, Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek, Muria Indah, Bandung.

Satzinger, W, J., Jackson, B, R., dan Burd, D, S. 2009. Systems Analysis and Design In A Changing World. Boston: Cengage Learning.

Sutanta, Edhy. Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi, 2011.

Booch, G., Maksimchuk, R. A., Engle, M. W., Young, B. J., Conallen, J., & Houston, K. A. (2007), Object Oriented Analysis and Design with Applications Third Edition. Westford, Massachussets: Addison-Wesley.

Dewi, Irra Chrisyanti. 2011. Pengantar Ilmu Administrasi, PT Prestasi Pustakaraya. Jakarta.

http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php, diakses pada tanggal 26 April 2017.

Rahmat Priyanto. 2009. LANGSUNG BISA VISUAL BASIC.NET 2008, Jakarta : Andi Publisher .

Handoko Budisetyo. 2007.Panduan Lengkap Microsoft Access 2007, Jakarta: Andi Publisher .

Kurnia Adhi Saputra dan Muga Linggar Famukhit, 2014, Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada MTs Guppi Jetiskidul, Universitas Yudharta Pasuruan, Pasuruan.

Rizki Maulana Syaban dan H. Bunyamin, 2015, Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web Di Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Garut Menggunakan Framework Php, Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Garut

Luthfi Muhammad Iqbal, 2016, Sistem Informasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Sekolah Dasar Negeri Bojong, Universitas Komputer, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter