APLIKASI BAHASA ISYARAT PENGENALAN HURUF HIJAIYAH BAGI PENYANDANG DISABILITAS TUNA RUNGU
(1) Universitas Bina Darma
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengenalan huruf hijaiyah tidak hanya dikenalkan kepada orang-orang yang berkehidupan normal saja tetapi juga harus dikenalkan kepada orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus bagi yang beragama Islam seperti yang diperuntukkan bagi para penyandang cacat tuna rungu. Tuna rungu merupakan salah satu yang kesulitan dalam pendengarannya, sehingga dalam percakapan para tuna rungu menggunakan bahasa isyarat. Saat ini masih belum banyak aplikasi-aplikasi yang dapat memberikan pendidikan dan pengetahuan tentang bahasa isyarat, khusus huruf hijaiyah yang dapat digunakan oleh para penyandang disabilitas tuna rungu, untuk itu diperlukanlah sebuah aplikasi yang dapat membantu para tuna runguagar dapat mengenal huruf-huruf hijaiyah .air terjun yang akan menghasilkan aplikasi bahasa isyarat pengenalan huruf hijaiyah. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu para penyandang cacat tuna rungu agar lebih mudah mengenal huruf-huruf hijaiyah serta diharapkandapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.
Kata kunci : Huruf Hijaiyah, Tuna Rungu, Air Terjun
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Huda, Nurul &Saputri, Nurul Adha. 2018. Perancangan Aplikasi Pengenalan Huruf dan Angka Bagi Penyandang Disabilitas Tuna Rungu. Jurnal Sistem Informasi: UIN Raden Fatah PalembangVol.2(1), p.95-107.[e-journal]. Tersedia melalui: jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/2449/1772>[Diakses 25 Juli 2018]
Basyah, Baby Lolita, Dkk. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Berbasis Android. Jurnal Ilmiah FIFO, Universitas Mercu Buana, Vol. 6(1), p. 1-7. [e-journal]. Tersedia melalui: [Diakses 25 Juli 2018]
PRADIKJA, MAHARONI HENDRA, DKK. 2018. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Berbasis AndroidTablet. Jurnal PTIIK, Universitas Brawijaya, Vol.2(8), p.2877-2885. [e-journal]. Tersedia melalui: [Diakses 25 Juli 2018]
IMROATUN, 2017. Pembelajaran Huruf Hijaiyah bagi Anak Usia Dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol.2, p. 175-188. [e-journal].Tersedia melalui [Diakses 25 Juli 2018]
Definisi Disabilitas https://id.wikipedia.org/wiki/disabilitas diakses tanggal 4 juni 2017
Definisi Bahasa Isyarat https://id.wikipedia.org/wiki/bahasaisyarat diakses tanggal 4 juni 2017
Definisi Bahasa Isyarat http://kbbi.web.id/bahasaisyarat diakses tanggal 4 juni 2017
Definisi Ketulian https://id.wikipedia.org/wiki/Ketulian diakses tanggal 4 juni 2017
Definisi Huruf Hijaiyah
https://kbbi.web.id/huruf diakses tanggal 9 November 2018
Hidayatullah. Priyanto, Kawistara. Jauhari K., “Pemograman Web”, Bandung: Informatika, 2014
Edy Winarno, Ali Zaki, SmithDev. 2014. Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, dan JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Bunafit Nugroho. 2004. PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX. ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.
Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan metode USDP. Yogyakarta: Andi Offset.
Rosa, A.S. & Shalahuddin, M. 2014. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Modula: Bandung
Huda, Nurul &Saputri, Nurul Adha. 2018. Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat Bagi Penyandang Disabilitas Tunarungu Berbasis Desktop. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis 2018 Darma Jaya: ISSN 2598-0246 E-ISSN 2598 -0238, p.19-26. [e-journal]. Tersedia melalui jurnal https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/author/submission/1225[di akses 8 November 2018]
DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.582
Refbacks
- There are currently no refbacks.