Penerapan Metode Waiting Line Pada Pelayanan Antrian Pelanggan Jasa Ekspedisi

Kresna Ramanda(1), yunita yunita(2*)

(1) STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA
(2) STMIK NUSA MANDIRI JAKARTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan yang terjadi saat ini adalah banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang mengalami peningkatan permintaan jasa pengiriman barang, yang mengakibatkan terjadinya antrian pelayanan pelanggan. Permasalahan antrian pelayanan pelanggan ini tentunya dapat mengakibatkan ketidaknyamanan para pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman mereka. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, untuk itu penggunaan metode Waiting Line diterapkan untuk mengevaluasi pelayanan yang lebih baik pada perusahaan jasa pengiriman barang. Dalam pelayanan terhadap pelanggan yang ingin melakukan transaksi pengiriman barang ,dipisah menjadi 2 bagian.yakni pendataan barang yang dilakukan oleh pelanggan pada sistem yang sudah berbasis website maupun mobile. Dan verifikasi transaksi pengiriman barang  yang dilakukan oleh petugas. Sehingga pekerjaan petugas hanya pada proses verifikasi , yang nantinya pelayanan terhadap pelanggan menjadi lebih cepat. Hasil lain yang didapatkan pada penelitian ini adalah meningkatkan efektifitas pelayanan terhadap pelanggan sehingga diharapkan meningkatnya kedatangan pelanggan yang akan melakukan proses transaksi pengiriman barang.

 


Full Text:

PDF

References


Yunita, “Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru MA.Annida Al-Islamy Jakarta,” Semin. Nas. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput. Nusa Mandiri, pp. 237–244, 2016.

A. Oktaviani, “Penerapan Metode Waiting Line Untuk Peningkatan Pelayanan Antrian Pelanggan Kajian Teknologi Informasi,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. XI, no. 1, pp. 86–95, 2014.

Darsini and B. Wibowo, “Optimasi Pelayanan Perbaikan Kendaraan Bermotor Dengan Model Antrian M/M/C,” in Seminar Nasional IENACO-2014, 2014, no. November, pp. 11–12.

P. N. Hapsari, “Penerapan Waiting Line Untuk Meningkatkan Layanan Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Persero Cabang Sisingamangaraja Semarang),” 2013.

P. L. Ginting, “Analisis Sistem Antrian Dan Optimilaisasi Layanan Teller (Studi Kasus pada Bank X di Kota Semarang),” vol. 11, 2013.

N. P. Sari, Sugito, and B. Warsito, “Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan Teller bank X Kantor cabang Pembantu Puri Sentra Niaga,” J. Gaussian, vol. 6, pp. 81–90, 2016.

R. Ridwansyah, “Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method,” Inf. Syst. Educ. Prof., vol. 1, no. 2, pp. 167–174, 2017.

D. Ajeng Kristiyanti, “Penerapan Metode Waiting Line Untuk Evaluasi Pelayanan Penjualan Merchandise Kampus Pada Pt. Come Indonusa Jakarta,” Maret, vol. 14, no. 1, p. 61, 2018.

K. Ramanda, “Penerapan Sistem Manajemen Operasional Pelayanan Menu Makanan Dengan Waiting Line Methode,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XII, no. 2, pp. 182–189, 2016.

W. D. Septiani, “Penerapan Waiting Line Method Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan Dengan Meminimalkan Antrian ( Studi Kasus : ANKidz Bogor ),” pp. 143–149, 2017.

R. Wati, “Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan Dengan Waiting Line,” J. Techno Nusa Mandiri, vol. 14, no. 2, pp. 15–20, 2017.

J. Heizer and R. Barry, Operations Management_Manajemen Operasi, 7th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Siswanto, Operations Research, jilid dua. Jakarta: Erlangga, 2007.

M. Taha, Perilaku Organisasi: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter