Implementasi Metode Prototype Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Java (Netbeans 7.3) (Studi Kasus SMK N 01 Prabumulih)

Khana Wijaya(1*)

(1) STMIK Prabumulih
(*) Corresponding Author

Abstract


Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Di SMK N 01 Prabumulih dibuat dengan bahasa pemrograman Java dan database MySQL. SMK N 01 Prabumulih adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kota Prabumulih yang sudah berdiri sejak 2003 hingga dengan sekarang, serta memiliki berbagai fasilitas pendukung kegiatan pendidikannya, seperti laboratorium, UKS Serta Perpustakaan. Perpustakaan di SMK N 01 Prabumulih dalam hal pendataan peminjam serta pencarian arsip dilakukan secara manual yang masih menggunakan Alat Tulis Kantor (ATK) dalam hal pengelolaan data buku serta data peminjamnya. Sehingga membutuhkan suatu sistem yang dapat membantu sistem yang lama agar lebih mempermudah staff dalam membuat laporan data peminjamnya. Dengan adanya Sistem Informasi Perpustakaan yang diusulkan mampu menghasilkan informasi yang cepat, dan tepat waktu sehingga memudahkan dalam pengolahan data buku, data peminjam, data admin, dan laporan Peminjam. Sistem Informasi Perpustakaan ini berbasis localhost.


Keywords


Sistem, Informasi, Perpustakaan, Java, MySQL

Full Text:

PDF

References


Agus Diartono Dwi. 2008. Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia..

Mallu Satriawaty. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap Menggunakan Metode Topsis.

Nazir, Moh. “Metode Penelitian.” Bogor: Ghalia Indonesia (2011).

Nurlaela Fetty. 2013. Aplikasi Sms Gateway Sebagai Sarana Penunjang Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjosari. Ijns Indonesian Journal On Networking And Security Volume 2 No 4 - Oktober 2013.

Raharjo, Budi; 2011. “Belajar Otodidak Pemrograman web dengan PHP + ORACLE”, Bandung: Informatika..

Pressman, Roger, S. (2001), Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Fifth Ed. New York, McGraw-Hill Book Company.

R, Lungan. “Metode Penelitian.” Yogyakarta: Graha Ilmu (2006).

Suryati, Bambang Eka Purnama. 2010. Pembangunan Sistem Informasi Pendataan Rakyat Miskin Untuk Program Beras Miskin (Raskin) Pada Desa Mantren Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Surakarta: Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 2 No 4 - 2010 - ijns.org.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter