Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang

Agus Junaidi(1*)

(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil dari penjualan pada minimarket yang selalu berupa laporan hanya dilihat tanpa ada tindak lanjut untuk menentukan keputusan diwaktu yang akan datang. Pihak manajemen hanya menerima laporan jumlah barang terjual dan berapa banyak pendapatannya. Padahal dengan data tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menyusun rencana-rencana penjualan diwaktu yang akan datang. Dengan menggunakan metode Frequent Pattern Growth, pihak manajemen dapat mengambil keputusan barang mana yang membutuhkan persediaan yang lebih banyak dibandingkan dengan barang yang lain. Peletakan barang yang sesuai dengan hubungan antar barang yang biasanya dibeli konsumen juga dapat ditentukan berdasarkan support dan confidence berdasarkan market base analysis yang diperoleh dari perhitungan asosiasi dengan menggunakan metode Frequent Pattern Growth. Dengan menggunakan metode Frequent Pattern Growth maka penempatan barang dan persediaan barang pada minimarket dapat terkontrol dengan baik sehingga pelayanan pada konsumen akan meningkat yang akhirnya dapat juga meningkatkan omset penjualan. Dalam penelitian ini support ditentukan mengunakan ambang batas 60% dan confidence 80%.

Full Text:

PDF

References


M. Sholik and A. Salam, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas,” Techno.com, vol. 17, no. 2, pp. 158–170, 2018.

R. K. Robi Yanto, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Implementasi Data Min. dengan Metod. Algoritm. Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat, Citec J., vol. Vol. 2, No, no. ISSN: 2354-5771, pp. 102–113, 2015.

D. T. Larose and C. D. Larose, Discovering Knowledge in Data. 2014.

G. Gunadi and D. I. Sensuse, “PENERAPAN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN PRODUK BUKU DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FREQUENT PATTERN GROWTH ( FP-GROWTH ) :,” Telematika, vol. 4, no. 1, pp. 118–132, 2012.

B. Santosa and A. Umam, Data Mining dan Big Data Anaytics, 2nd ed. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2018.

J. Han, M. Kamber, and J. Pei, “Data Mining. Concepts and Techniques, 3rd Edition (The Morgan Kaufmann Series in Data Management Systems),” 2011.

A. Salam and M. S. H. Khayal, “Mining top-k frequent patterns without minimum support threshold,” Knowl. Inf. Syst., vol. 30, no. 1, pp. 57–86, 2012.

F. Fatihatul, A. Setiawan, and R. Rosadi, “Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma FP-Growth Untuk Market Basket Analysis,” Jatinangor Univ. Padjadjaran, pp. 1–8, 2011.

B. Wang et al., “Comprehensive Association Rules Mining of Health Examination Data with an Extended FP-Growth Method,” Mob. Networks Appl., vol. 22, no. 2, pp. 267–274, 2017.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter