DESAIN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 1 TEMPILANG DENGAN MODEL FAST

Anisah Anisah

Abstract


Dukungan teknologi informasi di dunia pendidikan untuk saat ini sudah banyak digunakan untuk membantu dalam hal pengurusan berkaitan dengan administrasi. Begitu juga halnya dengan SMA Negeri 1 Kelapa, membutuhkan sebuah pemanfaatan teknologi informasi untuk membantu dalam pengelolaan data yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling. dikarenakan saat ini, proses pengolahan data bimbingan dan konseling masih menggunakan sistem yang manual. Dengan masih menggunakan sistem manual tersebut, penyimpanan data yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling menjadi kurang rapi, pada saat ingin membuat laporan bimbingan dan konseling membutuhkan waktu dalam hitungan hari, karena harus  membuka dokumen bimbingan konseling satu persatu. Untuk menghitung total point pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, maka dilakukan perhitungan secara manual, sehingga memungkinkan kesalahan dalam perhitungan poin pelanggaran yang sudah dilakukan oleh siswa jika melakukan pelanggaran berkaitan dengan tata tertib khususnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, sebuah sistem yang terkomputerisasi yang terkoneksi dengan database untuk menampung data yang berkaitan dengan administrasi bimbingan dan konseling sangat diperlukan sehingga semua data yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling dapat tersimpan secara rapi dan laporan Bimbingan Konseling (BK) dapat dilakukan secara cepat dan mudah sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan model FAST yang bisa menuntun penulis untuk melakukan tahap demi tahap dalam proses desain sistem informasi Bimbingan Konseling yang meliputi definisi lingkup, analisis masalah, analisis kebutuhan dan desain logik dan fisik yang kemudian dilakukan pengujian sistem sesuai dengan kebutuhan user. Alat bantu yang digunakan adalah diagram UML. Untuk perancangan basis data menggunakan perancangan terstruktur dengan menggunakan model Entity Relationship.

Keywords


Sistem Informasi; Bimbingan dan Konseling; Diagram UML; Model Entity Relationship; Model FAST

Full Text:

PDF

References


Lisna Zahrotun, Utaminingsih Linarti,Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Konseling Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Terhadap Siswa Seminar Nasional Informatika 2015 UVN Veteran Yogyakarta 14 Nopember 2015, ISSN:1979-2328

Safitri Juanita , Reza Wibisono .2019. “Pemodelan Sia Bimbingan Konseling Dan Poin Pelanggaran Siswa Berbasis Desktop Sudi Kasus Smk Bina Bangsa Tangerang”. ,Jurnal MNEMONIC Vol. 2, No. 1.

Whitten, Jeffery L., 2004. Metode Desain dan Analisis Sistem. Yogyakarta: ANDI.

Indrajani. 2014. “Database System Case Study All In One. Elex Media Komputindo

Rosa A.S M.Shalahuddin. 2015.” Rekayasa Perangkat Lunak”. Informatika

Indrajani, S.Kom., M.kom. 2014. “Pengantar Sistem Basis Data Case Study All in One”. Elex Media Komputindo.

Indrajani. 2014. Bedah Kilat 1 Jam Pengantar dan Sitem Basis Data. Jakarta: PT.Media Elex Media Komputindo.

Munawar. 2005. “Pemodelan Visual dengan UML”, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tata Sutabri. 2012. “Konsep Sistem Informasi”. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Rawung, Frangky. 2017. “Buku Pintar Aplikasi SMS dengan PHP dan MySql” Yogyakarta:Gava Media.

Priyanto Hidayatullah. 2015. “Visual Basic.Net Membuat Aplikasi Database dan prgram Kreatif”. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i1.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STMIK Atma Luhur under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.