ANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK MAKANAN RINGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Novri Hadinata Universitas Bina Darma
  • Kurniawan kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i1.623

Keywords:

Algoritma Apriori, Pembelian, Data mining, CV. Sukses Mandiri

Abstract

CV. Sukses Mandiri merupakan perusahaan swasta yang bergerak sebagai distributor tunggal biskuit AIM yang berasal dari Surabaya dan berbagai macam snack (produk makanan ringan) yang berasal dari Surabaya dengan daerah operasinya meliputi wilayah Sumatera Bagian Selatan dan Bengkulu. Tujuan dalam penelitian ini yaitu memberikan informasi kepada pihak pengambil keputusan terkait dengan pola pembelian pelanggan terhadap produk makanan ringan sehingga dalam pengambil keputusan dapat menentukan tindakan yang akan dilakukan dikemudian hari. Algoritma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu algoritma apriori dengan teknik data mining yang terdiri dari data cleaning, data integration, data selection, data transformation, Proses mining, dan pattern evaluation. Sedangkan metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Dari hasil penelitian terdapat 6 itemset barang yang paling sering dibeli oleh konsumen. Adapun item barang tersebut adalah 78003CTN (Mie Tek-Tek), HHJH002CTN (Hoka-Hoka Jelly Es Potong), JSI001CTN (Hepillo Ayam Bawang), JSI002CTN (Hepillo Barbeque), JSI004 (Hepillo Sapi Panggang), dan SPJ065CTN (Wafer Kita 2 Rasa).

References

K. P. RI, “Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan,” https://kemenperin.go.id, Jakarta, 23-Nov-2017.

S. N. Indonesia, “Biskuit,” SNI, vol. 2973, p. 2011, 2011.

Petrus Dabu, “Tahun 2018, industri makanan minuman diperkirakan tumbuh 10%,” https://industri.kontan.co.id, Jakarta, 30-Jan-2018.

A. S. Moh.Sholik, “Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas,” Techno.COM, vol. 17, no. 2, pp. 158–170, 2018.

F. A. Sianturi, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan,” J. Mantik Penusa, vol. 1, no. 1, pp. 50–57, 2018.

A. F. Hadi, “Analisis Data Mining Untuk Menentukan Variabel – Variabel Yang Mempengaruhi Kelayakan Kredit Kepemilikan Rumah Menggunakan Teknik Klasifikasi,” KomTekInfo, vol. 4, no. 1, pp. 108–115, 2017.

L. S. L. Koko Handoko, “Data Mining Pada Jumlah Penumpang Menggunakan Metode Clustering,” in SNISTEK, 2018, pp. 97–102.

K. Tampubolon, H. Saragih, B. Reza, K. Epicentrum, and A. Asosiasi, “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori pada sistem persediaan alat-alat kesehatan,” Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 93–106, 2013.

Downloads

Published

2020-02-28

Issue

Section

Articles