Analisa Dan Perancangan Pelaporan Hasil Kerja Dengan Reminder Sistem (Studi Kasus PT Indosat)

Putri - Kusriyanti(1*)

(1) Universitas Mercu Buana Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi. Permasalahan yang ada pada tim RAN (Radio Access Network) di Indosat Ooredoo ini adalah pelaporan yang belum terpusat dalam satu sistem sehingga seringkali mengalami keterlambatan dalam penyajian informasi yang berkaitan dengan pelaporan hasil kerja karyawan. Oleh sebab itu peneliti mencoba melakukan analisa pada bisnis proses berjalan di tim RAN untuk menemukan pokok permasalahan dan melakukan perancangan sistem informasi pengolahan data pelaporan hasil kerja, dengan tujuan efisiensi biaya dan waktu dapat dicapai. Adapun hasil yang ingin didapat dari perancangan sistem usulan ini adalah agar mempermudah dalam pengolahan data pelaporan, pembuatan weekly report, pencarian data hasil eksekusi, serta pemberian reminder berupa notifikasi yang diterima lewat email oleh karyawan yang sedang melakukan eksekusi data proyek. Metode yang digunakan pada pengolahan data pelaporan ini menggunakan konsep UML, metode System Development Life Cycle (SDLC) model agile dan pengelolaan data dengan MySQL.


Keywords


konsep UML, model agile, MySQL, sistem informasi, pelaporan hasil kerja

Full Text:

PDF

References


L. H. G. Kenneth Thompson, Papers on the Science of Administration, Illustrate. Psychology Press, 2003.

I. Ooredoo, “Profil Perusahaan,” 2017-01-01, 2017. [Online]. Available: https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile. [Accessed: 11-Apr-2019].

A. D. P. S. I. dengan C. dan LAVAREL, No Title, Cetakan Pe. Yogyakarta: CV.LOKOMEDIA, 2018

T. Subari, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2012

H. Tohari, Analisa serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET (Penerbit Andi), 2014

Indrajani, Bedah Kilat 1 Jam Pengantar dan Sistem Basis Data. Jakarta: PT.Media Elex Media Komputindo, 2014

R. Sahara and I. Ranggadara, “Design and Implementation of Treasury Application Based on Mobile in Student Organization Mercu Buana University,” Ijcsmc, vol. 7, no. 2, pp. 1–8, 2018.

K. Imtihan, R. Hadawiyah, and H. Asyari, “Sistem Informasi Penggajian Guru Honorer Menggunakan Konsep Agile Software Development dengan Metodologi Extreme Programming ( XP ) pada SMK Bangun Bangsa,” vol. 7, no. 2, 2017.

M. Jamil and Bunyamin, “Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Laporan Keuangan Walisantri Di Pondok Pesantren Al-Halim Garut,” J. Algoritm., vol. 12, pp. 1–6, 2015.

D. A. Istyana and R. Sahara, “WEB-BASED APPLICATION FOR TRACKING , LISTING AND REPORTING DOCUMENT REVIEW ( CASE STUDY : PT . XYZ ),” vol. 7, no. 11, pp. 84–91, 2018

A. Utami, Feri Hari, Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2015.

L. J. Whitten, Metode Desain dan Analisis Sistem. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2004

Kosidin and R. N. Farizah, “Pemodelan Aplikasi Mobile Reminder Berbasis Android,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komunikas 2016, vol. 2016, no. Sentika, pp. 271–280, 2016




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter