Penerapan Algoritma Simple Additive Weighting (Saw) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Kelanjutan Proyek Pada PT XYZ

Arief Amarullah(1*), Tarimantan Sanberto Saragih(2)

(1) Mercu Buana University
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Geliat persaingan bisnis di era industri 4.0 kini semakin ketat, setiap perusahaan dituntut untuk bisa bergerak lebih dinamis dan efektif dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Perusahaan juga dipacu untuk lebih bijak dalam mengambil keputusan strategis dan terukur untuk keberlangsungan bisnis. Namun dalam perjalanan bisnis perusahaan dari tahun  ke tahun khusus untuk bisnis layanan jasa belum mencapai target yang maksimal setiap tahun. Sehingga perusahaan harus memberikan perhatian lebih terhadapat kondisi ini. Berdasarkan data pencapaian target dari beberapa tahun terakhir belum mencapai hasil maksimal yang diharapkan oleh perusahaan.  Mengukur produktifitas proyek yang dikerjakan dapat menjadi salah satu solusi untuk menentukan sejauh mana sebuah proyek dapat memberikan hasil positif bagi perusahaan. Agar perhitungan tingkat produktifitas proyek lebih akurat maka dibutuhkan sistem pendukung keputusan dengan menggunakan salah satu metodenya yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW). Luaran dari penelitian ini diharapkan dapat berguna dan memudahkan perusahaan dalam menentukan produktiftias proyek yang telah dikerjakan dan kelayakan untuk menentukan kelanjutan suatu proyek .


Full Text:

PDF

References


I. P. Management, A Guide to the Project Management Body of Knowledge, 5th ed. Pennsylvania: Project Management Institute, Inc., 2010.

C. Surya, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Penerima Beasiswa Menggunakan Fuzzy Multi Attribut Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW),” J. Rekayasa Elektr., vol. 11, no. 4, pp. 123–156, 2015.

E. Jayanti, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEREKRUTAN KARYAWAN ( STUDI KASUS : PT . PERKEBUNAN NUSANTARA III MEDAN ),” Pelita Inform. Budi Darma, vol. 9, no. 3, pp. 149–154, 2015.

R. S. Pressman, Software Engineering : A Practitioner’s Approach, 7th ed. New York: McGraw-Hil, 2010.

D. C. Hartini, E. L. Ruskan, and A. Ibrahim, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Hotel Di Kota Palembang Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 546–565, 2013.

A. P. Windarto, “PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN PTPN III PEMATANGSIANTAR DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING ( SAW ),” J. Ris. Sist. Inf. Dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 84–95, 2017.

D. U. Daihani, “Komputerisasi pengambilan keputusan.” Elex Media Komputindo, Jakarta, 2001.

F. Nugraha, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET PERGURUAN TINGGI DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW),” J. SIMETRIS, vol. 3, no. 1, pp. 7–16, 2013.

A. P. Windarto, “Implementasi Metode Topsis Dan Saw Dalam Memberikan Reward Pelanggan,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, pp. 88–101, 2017.

Y. Devianto and S. Dwiasnati, “Aplikasi Pengambilan Keputusan Indeks Kepuasaan Masyarakat Dengan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE) Pada Unit Pelayanan Masyarakat Dengan Alat Microcontroller Sebagai Alat Bantu Survey,” J. Ilm. FIFO, vol. 10, no. 1, p. 13, 2018.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter