Perancangan Sistem Informasi Pengajuan dan Pelaporan Pembayaran Tunjangan Kinerja Kementerian Keuangan Menggunakan Metode Prototype

Akhmad Syarifudin

Abstract


Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan good governance di lingkungan instansi pemerintah adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Kementerian Keuangan sebagai instansi pemerintah yang memiliki kantor vertikal tersebar di seluruh wilayah Indonesia sangat membutuhkan teknologi informasi dalam mengumpulkan data dan mengolah laporan sehingga diperoleh informasi yang akurat dan dapat diandalkan. Pembayaran tunjangan kinerja merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap bulan dengan melibatkan 800-an kantor/satker di seluruh wilayah Indonesia. Proses pengajuan dan pelaporan pembayaran tunjangan kinerja dilakukan secara semi manual dan berjenjang dari satker melalui kanwil dan unit eselon I sebelum sampai kepada Biro Perencanaan dan Keuangan. Masalah yang sering terjadi adalah adanya kesalahan input karena redundansi penginputan data dan kesalahan penjumlahan pada saat rekapitulasi. Selain itu data pengajuan dan pelaporan tidak dapat diperoleh secara cepat dan tidak dapat dimonitor secara real time karena harus menunggu rekapitulasi semua unit eselon I selesai. Oleh sebab itu, dirancanglah sistem informasi pengajuan dan pelaporan pembayaran tunjangan kinerja Kementerian Keuangan dengan menggunakan metode prototype. Sehingga diharapkan kantor pusat kementerian akan memperoleh informasi kebutuhan dana dan pelaksanaan pembayaran tunjangan kinerja dari satker lebih cepat dan akurat.

Keywords


good governance; remunerasi; tunjangan kinerja

Full Text:

PDF

References


A. Rohman, “Tahap Awal Usulan Integrasi Sistem Pengadan Secara Elektronik ( SPSE ) Berbasis Sistem Informasi Geografis ( SIG ) dalam Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Bidang Konstruksi contoh kasus : Konstruksi Jalan Raya,” Indones. J. Geospatial, vol. 4, no. 1, hal. 46–53, 2015.

A. Nugroho dan N. Septafianti, “Aplikasi Monitoring Pengadaan Barang/Jasa Pada Direktorat Penilaian Keamanan Pangan Badan POM RI,” J. Format, vol. 6, no. 2, hal. 39–55, 2016.

A. S. Putra dan O. M. Febriani, “SISTEM INFORMASI MONITORING INVENTORI BARANG PADA BALAI RISET STANDARDISASI INDUSTRI BANDAR LAMPUNG,” J. Inform., vol. 13, no. 1, hal. 90–98, 2013.

M. Tajuddin dan A. Manan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Satuan Kerja Dalam Rangka Good Governance,” J. Matrik, vol. 15, no. 1, hal. 35, 2017.

W. Andriani, “Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Keterandalan dan Ketepatwaktuan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Daerah Kab . Pesisir Selatan),” J. Akunt. Manaj., vol. 5, no. 1, hal. 69–80, 2010.

I. Sommerville, Software Engineering, 10th ed. Pearson, 2016.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, hal. 54–61, 2017.

H. Noprisson dan Budiyarti, “Aplikasi Manajemen Pemeliharan Produk Perangkat Lunak,” J. Sci. Appl. Informatics, vol. 1, hal. 1–6, 2018.

Kementerian Keuangan, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 273/PMK.01/2014 tentang Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan. Indonesia, 2014.

S. Easterbrook, “the PIECES Framework.” [Daring]. Tersedia pada: http://www.cs.toronto.edu/~sme/CSC340F/readings/PIECES.html. [Diakses: 09-Mei-2019].

S. Ramadhani dan W. A. Kusuma, “PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi,” J. Tenologi Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, 2018.

P. Savitri dan M. Ispani, “Review Desain Interface Aplikasi Sopppos Menggunakan Evaluasi Heuristik,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, hal. 95, 2017.

A. Ali, E. Pramana, dan S. Tjandra, “Evaluasi Heuristik Pada Web Based Learning Untuk Meningkatkan Aspek Usability Sistem,” J. Insa. Comtech, vol. 1, no. 1, hal. 17–25, 2016.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer)

Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
web stats