Prototype E-Katalog Dan Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Mobile

Vivi Sahfitri(1*)

(1) Universitas Bina Darma
(*) Corresponding Author

Abstract


Pepustakaan dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang berkaitan dengan Ilmu Pengetahuan, Hiburan, Rekreasi dan Ibadah yang merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia agar tidak tertinggal dalam memperoleh informasi  sehingga dapat berinteraksi secara aktif dengan manusia lain sebagai mahkluk sosial. Penelitian ini bertujuan untuk membangun  prototype  Katalog dan peminjaman buku perpustakaan berbasis mobile yang mampu memberikan informasi tentang katalog buku yang ada diperpustakaan, informasi ketersediaan buku tersebut diperpustakaan dan mendaftarkan diri untuk meminjam buku yang diinginkan yang dilakukan secara mobile. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Development Research yaitu suatu kegiatan penelitian yang bertujuan dan berusaha mengembangkan atau melengkapi pengetahuan yang sudah ada atau diketahui.  Penelitian ini menghasilkan Permodelan Sistem secara visual menggunakan Unified Modeling Language (UML), Rancangan Basis Data, serta Prototipe yang menghasilkan gambaran lengkap siste, yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalah yang terjadi.

Keywords


Katalog Buku; Peminjaman Buku; Prototype Sistem; Mobile;

Full Text:

PDF

References


Indrawan, Irjus., Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

J Sutarno, NS., Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto, 2006.

Trianingsih., ”Peran Teknologi Informasi dalam Perpustakaan di Era Globalisasi,” Makalah disampaikan pada seminar Intern Perpustakaan Universitas Atmajaya Yogyakarta, 24 Februari 2017.

Supriyanto, Wahyu., Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Safiin, Mohammad., ”Aplikasi Katalog Perpustakaan STMIK AMIKOM Yogyakarta Menggunakan Mobile Berbasis Android,” STMIK AMIKOM: Yogyakarta, 2013.

Sulistyo, Basuki., Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta, 1992

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia., Penetrasi dan perilaku Pengguna Internet Indonesia, Jakarta: APJII, 2016.

Nielsen., Millenials Are Top Smartphone Users, Nielsen Mobile Insight. The Nielsen Company. 2016.

Global Stats., Operating System Market Share in Indonesia. Stat Counter, 2016.

Safaat, Nazruddin., Pemrograman Aplikasi Mobile, Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.

Steele, J., To, N,. The Android developer’s cookbook: buildinng applications with the android SDK. Pearson Education. 2010

Pressman, R.S. 2010. Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York, 68.

Deppi Linda ,” Merancang e-katalog berbasis Website sebagai media informasi pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (BPAD,” Fakultas Ilmu Komputer Informatics & Business Institute Darmajaya, Jurnal Explore Univ. Bandara Lampung Vol 6, No 2 (2016) pp.01-11

Riche Cynthia Johan,” Aplikasi Mobile Perpustakaan Sekolah,” Hana Silvana dan Holin Sulistyo, Jurnal Pedagogia, Universitas Pendidikan Indomesia. Vol 14 no 3 2017. Pp 499-509

Firdaus, Dwi Sakethi, dan Firdaus Rosman,” Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web,”jurnal komputasi Univ.Lampung Volume 3 no1 april 2015 pp94-130.

T.W Oktaviani., ”Perancangan User Interface berbasis Web untuk Home Automation Gateway yang berbasis IQRF TR53B,” JNTETI, Vol.3 No. 3, 2015, pp. 179-186.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v8i2.665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter