Web based Expert System dalam Penanganan Kesehatan dan Penyakit Kucing di Kota Padang

Andrew Kurniawan Vadreas(1*), Dwi Welly Sukma Nirad(2), Husni Wenti(3)

(1) STMIK Indonesia Padang
(2) Universitas Andalas
(3) STMIK Indonesia Padang
(*) Corresponding Author

Abstract


Paper ini membahas tentang penanganan penyakit pada kucing dengan dukungan expert system. Dengan mengimplementasikan perkembangan teknologi saat ini yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan layaknya seorang manusia. Penanganan penyakit pada kucing saat ini masih dilakukan dengan uji laboratorium, dan menggunakan kertas sebagai form perhitungan hasil diagnosa yang dilakukan oleh dokter pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Klinik Zech Small Animal di kota Padang. Dari permasalahan tersebut dibuatlah suatu web tempat untuk konsultasi berbagai cara penanganan kesehatan kucing baik berupa mencegah dan mengobati penyakit kucing dari gejala-gejala yang ditimbulkan. Tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data berupa interview langsung dengan dokter hewan dan beberapa buku sebagai study literatur, dilanjutkan dengan perancangan sistem aplikasi berbasis web menggunakan metode forward chaining, kemudian dilakukan pengembangan serta pengujian sistem pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Klinik Zech Animal di kota Padang. Terdapat 21 Penyakit yang dihasilkan diimplementasikan kedalam sebuah aplikasi web based expert system. Aplikasi ini mampu membantu para pecinta kucing (cat lovers) untuk melakukan penanganan penyakit dan pencegahan pada kucing kesayangan mereka.


Keywords


expert system, kesehatan kucing, penyakit kucing, metode forward chaining, web

Full Text:

PDF

References


HS, Wheindrata. “Buku Pintar Kesehatan Kucing Ras.” Yogjakarta: Lily Publisher, 2016, pp. 1-4.

Fidyaningsih, Suci, Agus, Fahrul, Maharani, Septya. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Menggunakan Metode Case-Based Reasoning.” Diterbitkan dalam Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi), 2016, pp. 113-119.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat, 2018.

Niswati, Za’imatun. Paramita, Aulia. Alva M, Fanisya. “Aplikasi Fuzzy Logic Dalam Diagnosa Penyakit Diabetes Mellitus Pada Puskesmas di Jakarta Timur.” TEKNOSI, Vol. 02, No. 03, Desember 2016, Pages 21-30, https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.21-30.

H Novri, “Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 07, no. September, pp. 87–92, 2018.

T. Sutojo, Mulyanto, Edy., Suhartono, Vincent. “Kecerdasan Buatan.” Yogyakarta: Andi Offset, 2011, pp. 162-171.

Dimas, Widjanarko Panji. “Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Pada Burung Puyuh Dengan Metode Forward Chaining.” Skripsi, UDiNUs, Semarang, 2015.

Saputra, D., & Lestari, U., & Sutanta. “Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Kucing Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter.” Diterbitkan dalam jurnal Indonesian Journal Script Vol. 3, No. 1, 2015, Pages 29-38, https://www.researchgate.net/publication/303330151_SISTEM_PAKAR_UNTUK_DIAGNOSA_PENYAKIT_KUCING_BERBASIS_WEB_MENGGUNAKAN_FRAMEWORK_CODEIGNITER.

Dwi L, Wahyu. “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Anggora Menggunakan Metode Dempster Shafer.” Tugas Akhir, Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah, Malang, 2015.

Hayadi, B. “Sistem Pakar.” Yogyakarta: Deepublish. 2016.

Nugroho, A. “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek.” Bandung: Bandung Informatika, 2015.

A. P. R. Pinem, “Web-Based Mapping Untuk Pemetaan Lokasi Kerusakan Jalan Raya Menggunakan Cluster Marker,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 7, no. 2, p. 93, 2018.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i1.677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter