Sistem Pakar Menentukan Penyakit Hipertensi Pada Ibu Hamil Di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung Provinsi Banten

Robby Rizky Rizky(1), Zaenal Hakim Hakim(2*)

(1) universitas mathla'ul anwar banten
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


abstrack-rangkasbitung adalah salahsatu kabupaten tertinggal di provinsi banten, sulitnya mendapatkan alat alat kesehatan dan dokter spesialis menyulitkan warga masyarakat rangkasbitung mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,penelitian ini untuk memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan RSUD adjidarmo rangkasbitung provinsi banten,system pakar di percaya dapat memecahkan permaslahan yang ada, di karnakan system pakar mampu membuat ke ahlian seorang pakar di aplikasikan ke dalam system yang dapat menggantikan tugas dokter spesialis,penyakit hipertensi termasuk salahsatu penyakit yang berbahaya jumlah penyandang hipertensi terus meningkat setiap tahunya,di perkirakan pada tahun 2025 akan ada 1,5 miliar orang yang terkena hipertensi,dan di perkirakan setiap tahunya 9,4 juta orang meninggal akibat hipertensi dan komplikasinya, tekanan darah lebih tinggi hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah lebih tinggi dari 130/80 milimeter ,Penelitian ini di hususkan terkait penyakit hipertensi pada ibu hamil hipertensi pada ibu hamil tidak boleh di sepelekan karna kondisi ini dapat meningkatkan resiko gangguan perkembangan janin hingga berakibat fatal pada ibu dan bayi,ada beberapa jenis penyakit hipertensi pada ibu hamil, pertama hipertensi gestasional atau hipertensi yang hanya terjadi selama masa kehamilan, ke dua hipertensi preklamsia yaitu komplikasikehamilan yang terjadi saat kehamilan memasuki usia 24 minggu ke atas,jenis hipertensi ini dapat muncul tanpa riwayat sebelumnya, ketiga eklamsia adalah kondisi serius akibat preklamsia pada ibu hamil yang di tandai kejang di sebut eklamsia, tekanan darah kemudian akan turun kembali usai persalinan,permasalahan yang lainya seringnya dokter umum menganalisa terkait hipertensi ibu hamil di karnakan sulitnya mendapatkan dokter spesialis kandungan, system kerja penyakit hipertensi yaituketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh kondisi ini dapat menjadi berbahaya karena jantung di paksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh ,hingga bisa mengakibatkan berbagai penyakit,seperti ginjal,stroke,dan gagal jantung,salah satu solusi adalah membuat suatu sistem pakar yang nantinya dapat menggantikan tugas dari dokter spesialis untuk menentukan penyakit hipertensi jenis apa, penelitian ini menggunakan metode naive bayes dengan melihat rulebase aturan yang ada pada penyakit hipertensi pada ibu hamil .melalui aplikasi ini,penggunaan dapat melakukan konsultasi dengan sistem layaknya berkonsultasi dengan seorang pakar/dokter spesialis.dengan adanya system pakar ini di harapkan dapat memecahkan permasalahan yang ada.

Full Text:

PDF

References


M. A. Puspa, “Menggunakan Metode Naive Bayes Pada,” vol. 10, pp. 166–174, 2018.

K. Diit and P. Hipertensi, “Kepatuhan Diit Pasien Hipertensi,” KESMAS - J. Kesehat. Masy., vol. 9, no. 1, pp. 100–105, 2013.

M. Suoth et al., “Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Kolongan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara,” J. Keperawatan, vol. 2, no. 1, 2014.

R. Alfian, Y. Susanto, and S. Khadizah, “Kualitas Hidup Pasien Hipertensi Dengan Penyakit Penyerta Di Poli Jantung RSUD Ratu Zalecha Martapura,” J. Pharmascience, vol. 4, no. 2, pp. 210–218, 2017.

D. R. Puspitasari, M. T. Setyabudi, and A. Rohmani, “Hubungan Usia, Graviditas dan Indeks Massa Tubuh dengan Kejadian Hipertensi Dalam Kehamilan,” J. Kedokt. Muhammadiyah, vol. 2, no. 1, pp. 29–33, 2015.

T. Praningki and I. Budi, “Sistem Prediksi Penyakit Kanker Serviks Menggunakan CART, Naive Bayes, dan k-NN,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 4, no. 2, p. 83, 2018.

I. Candra Dewi, A. Andy Soebroto, and M. Tanzil Furqon, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Potong Dengan Metode Naive Bayes,” J. Enviromental Eng. Sustain. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 72–78, 2015.

S. C. Qudsiah, H. S. Djarot, and S. Nurjanah, “Jurnal Kebidanan.,” J. Kebidanan, vol. 2, no. 1, pp. 127–134, 2018.

D. Prawesti, “Stres pada penyakit terhadap kejadian komplikasi Hipertensi pada pasien Hipertensi,” J. Stikes, vol. 5, no. 2, pp. 121–132, 2012.

N. Rusmania, “No Title空間像再生型立体映像の研究動向,” Nhk技研, vol. 151, no. 1, pp. 10–17, 2015.

N. Radjamuda and A. Montolalu, “Faktor-Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Ibu Hamil Di Poli Klinik Obs-Gin Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang Kota Manado,” J. Ilm. Bidan, vol. 2, no. 1, pp. 33–40, 2014.

M. Hasan, “Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis,” vol. 9, pp. 317–324, 2017.

Y. Timur, F. Simbolon, F. T. Informasi, and U. A. Indonesia, “Perancangan Aplikasi Untuk Memprediksi Seseorang Menderita Penyakit Hipertensi Menggunakan Data Mining Design of Application to Predict Someone Suffering Hypertension Using Data Mining,” pp. 67–85.




DOI: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i1.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

 



Creative Commons License
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) has ISSN 2301-7988 and e-ISSN 2581-0588 which is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ISB Atma Luhur under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web Analytics Made Easy - StatCounter