Rancangan Aplikasi Persediaan Barang Pada TB. Putra Mas Pangkalpinang

Melati Suci Mayasari(1*), Sujono Sujono(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembuatan aplikasi persediaan barang secara komputerisasi dimana sistem persediaan barang sebelumnya masih menggunakan sistem manual, sehingga lebih efisien dan optimal guna mendukung kemajuan dan perkembangan perusahaan tersebut. Dengan memanfaatkan aplikasi persediaan barang yang sudah terkomputerisasi ini dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan dan penyajian informasi, meningkatkan kinerja serta pengolahan data yang lebih baik, tepat, cepat dan akurat. Peningkatan kinerja kerja tidak terlepas dari sarana dan prasarana, salah satunya adalah dukungan teknologi dan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan.  Dimana data dapat diproses dan diolah sehingga menghasilkan suatu informasi guna mendukung keputusan yang baik. Persaingan yang semakin ketat akibat perkembangan pesat bidang teknologi serta pergeseran demografi dan kondisi ekonomi yang tidak menentu juga dapat memicu perubahan di lingkungan bisnis ke arah ketidakpastian dan kompleks. Daya saing sebagai dasar keunggulan ditentukan oleh kemampuan berkembang dan memahami perubahan perilaku atau organisasi (sistem) yang melibatkan kombinasi pemikiran, proses serta pemanfaatan secara efektif  teknologi dan manusia guna menghasilkan sesuatu yang berbeda atau lebih baik. Aplikasi Persediaan Barang pada Toko Bangunan (TB) Putra Mas Pangkalpinang ini merupakan aplikasi persediaan barang yang dirancang dengan menggunakan metodologi berorientasi objek dengan alat bantu UML (Unified Modelling Language), pengamatan langsung dan wawancara dengan pihak yang terkait. Hasil akhirnya adalah diperolehnya sebuah aplikasi yang langsung bisa digunakan untuk mengelola sistem persediaan barang.

Keywords


Persediaan, Teknologi, Aplikasi, UML, Metodologi Berorientasi Objek

Full Text:

PDF

References


J. David, Viale. (2000). Basics of Inventory Management (Dasar-dasar Manajemen Persediaan). Penerjemah: Erlinda M.Nurson. Jakarta : PPM

Sutopo, Ariesto Hadi. (2002). Analisis dan Design Berorientasi Objek. Yogyakarta : J dan J Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Teknologi Informatika dan Komputer Atma Luhur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK Atma Luhur Pangkalpinang