PROTOTIPE PERMAINAN “TERIMA ATAU TOLAK” DENGAN METODE PROBABILISTIC REASONING
Kata Kunci:
Permainan, “Terima Atau Tolak”, probabilistic reasoning, kecerdasan buatan, peluang kemenanganAbstrak
Permainan “Terima Atau Tolak” adalah sebuah permainan yang diadaptasi dari permainan “Deal Or No Deal”. Permainan ini dimainkan oleh dua orang yang mempunyai peran berbeda. Tiap-tiap pemain memiliki cara yang berbeda dalam bermain. Permainan ini juga merupakan permainan yang membutuhkan strategi bagi para pemainnya. Strategi ini diperlukan agar pemain tersebut memperoleh nilai yang sebesar-besarnya dibandingkan lawannya. Pada penelitian ini, akan diterapkan metode probabilistic reasoning. Metode tersebut digunakan oleh komputer sebagai strategi dalam permainan ini. Tujuan yang hendak diperoleh adalah melihat keampuhan strategi yang telah disusun dengan metode tersebut. Penelitian kali ini dilakukan dengan pendekatan prototype. Dalam penelitian, akan dihitung nilai peluang kemenangan pemain dengan menggunakan algoritma tertentu. Nilai-nilai tersebut dibandingkan dengan nilai-nilai yang didapat dari beberapa percobaan. Kesimpulan umum yang diperoleh adalah nilai peluang kemenangan tergantung dari kondisi permainan dan tidak eksak. Diharapkan pengguna juga dapat mempersempit/memperluas keadaan permainan untuk dapat membandingkan peluang kemenangan sebelum dan sesudah pengubahan.Referensi
Sutojo, T., Mulyanto, E., dan Suhartono, V. (2011). Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Kusumadewi, S. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Russel, S. and Norvig, P. (2003). Artificial Intelligence: A Modern Approach. Prentice Hall International, Inc
Saraswati, T. (2009). Inferensi Bayesian Network Untuk Jaringan Regulatori Genetik, Tesis, Institut Teknologi Bandung.
Nilson J., N. (1998). Artificial Intelligence: A New Synthesis. USA: Morgan Kaufmann Publisher.
Sigiro, Irma Y.N. (2011). Analisis dan Implementasi Penyelesaian Game Minesweeper Menggunakan Algoritma Greedy Best First Search, Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan.
Visual Basic .NET, http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic_.NET, diakses terakhir tanggal 13 November 2013.