MENINGKATKAN PROMOSI DAN PENGUATAN SDM MELALUI PEMBUATAN MEDIA PROMOSI BAGI PARA UMKM

Tri Sugihartono(1*), Rahmat Sulaiman(2), Ahmad Faqih Alkayess(3), Royhan Indallah(4), Elly Yanuarti(5)

(1) ISB Atma Luhur
(2) ISB Atma Luhur
(3) ISB Atma Luhur
(4) ISB Atma Luhur
(5) ISB Atma Luhur
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada era Revolusi Industri 4.0 penggunaan teknologi, komunikasi, dan informasi semakin maju dan terus berkembang. Proses ini terus mengalami kemajuan yang terbilang cukup pesat. Dengan kemajuan yang pesat ini digitalisasi sangat membantu masyarakat dengan memberikan kemudahan juga menciptakan banyak perubahan. Begitupun para UMKM harus bisa membuat berbagai macam inovasi yang berlandaskan teknologi yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tujuan dari adanya digitalisasi adalah untuk membantu pelanggan dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Dengan adanya latar belakang diatas maka tantangan kita sebagai masyarakat saat ini adalah sadar digitalisasi, salah satunya di bidang desain grafis, Proses Digitalisasi di bidang UMKM dapat berupa pembuatan desain digital, dan penggunaan media sosial,. 2 unsur tersebut yang dapat saling keterkaitan dan mempunyai dampak yang cukup besar. Sehingga pelaku UMKM dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk yang dijual secara luas. diharapkan dengan adanya pembinaan UMKM di keluarahan ampui dapat memberikan kontribusi nyata dalam pelaksanaan dan pembinaan terhadap UMKM di kelurahan ampui.


Keywords


Promosi; Penguatan Sumber Daya Manusia; UMKM; Kelurahan Ampui; Desa Binaan

References


Hadi, Pemetaan Program Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 2020.

C. Winarti, “Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Bisnis Seri ke-4, pp. 195–206, 2021.

A. Nurwanda, E. Badriah, and ..., “Forcasting Digitalisasi Terhadap Pendampingan Umkm Di Kabupaten Ciamis,” Din. J. Ilm. …, vol. 9, pp. 97–101, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/7338.

A. M. Surur and P. D. Paramita, “Meningkatkan Kualitas Pemasaran Umkm Melalui Inovasi Sosial Media Marketing Pada Pelaku Usaha Keripik Di Desa Domas,” Al-Dzahab, vol. 3, no. 1, pp. 21–31, 2022, doi: 10.32939/dhb.v3i1.991.

A. R. Padilah, A. N. Khofifah, and ..., “Strategi Pengembangan Umkm melalui Digitalisasi Promosi Produk di Desa Melati Wangi Rw. 08 Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung,” Proc. …, no. November, 2021.

Sugihartono, T., Sulaiman, R., & Sarwindah, S. (2021). Pengembangan Keahlian Penggunaan Microsoft Excel bagi Instruktur Pelatihan TIK Nasional bagi Disabilitas. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 130. https://doi.org/10.33633/ja.v4i2.206




DOI: https://doi.org/10.32736/abdimastek.v4i1.1672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Abdimastek (Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi)

License URL: http://creativecommons.org/licences/by/4.0

situs 138

PODOMORO138 SEDAYU138 JALURDEWA MERAHBET