PENYULUHAN PENTINGNYA PEMBUATAN LABEL PRODUK UMKM DESA MAJAU KECAMATAN SAKETI

Authors

  • Rizky Eka Prasetya Universitas Budi Luhur
  • Yuwono Yuwono Universitas Budi Luhur
  • Ravindra Safitra Hidayat Universitas Budi Luhur
  • Elizabeth Elizabeth Universitas Budi Luhur
  • Yugi Setyarko Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.32736/abdimastek.v4i1.1728

Abstract

Label produk merupakan bagian penting bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) karena membantu memperkuat identitas dan membedakan produk mereka dari produk pesaing. Label produk juga membantu pelanggan memahami spesifikasi dan kualitas produk yang mereka beli. Ini bisa mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan dan meningkatkan citra produk UMKM. Kegiatan penyuluhan pembuatan label produk UMKM Desa Majau Kecamatan Saketi dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran para pelaku UMKM tentang pentingnya membuat label produk bagi keberlangsungan dan peningkatan usaha mereka. Berdasarkan kegiatan penyuluhan, pemerolehan hasil data statistik pre dan post test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan dalam tingkat pengetahuan dan kesadaran para pelaku UMKM tentang pentingnya membuat label produk. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi ini berhasil dalam membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya dan memperkuat informasi produk mereka. kegiatan tersebut berhasil meningkatkan pengetahuan dan minat para pelaku UMKM Desa Majau dalam hal pembuatan label produk. Hal ini terbukti dari hasil data statistik yang menunjukkan bahwa jumlah responden yang mengetahui pentingnya label produk bagi UMKM meningkat setelah mengikuti kegiatan sosialisasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus meneruskan kegiatan sosialisasi ini agar para pelaku UMKM dapat terus berkembang dan memperluas pasar produk mereka

References

Affandi, A., & Azmi, K. (2019). Sosialisasi Dan Inovasi Olahan Jamu Cair Menjadi Jamu Bubuk Pada Para Pelaku UMKM Jamu Tradisional. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(2), 118–125.

Amin, S. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Muslim terhadap produk Pangan yang Tidak Bersertifikat Halal Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Fadhilah, A. (2022). Pemberdayaan Strategi Pemasaran Produk Rumahan Desa Pademawu Barat Di Tengah Masa Pandemi Covid-19.

Fithriyana, E. (2020). Pengolahan Produk Berbahan Dasar Buah Pepaya Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pedesaaan. AL-UMRON: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1–9.

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan pentingnya label pada kemasan produk dan pajak pada usaha kecil menengah (UKM) Desa Tebedak II Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2).

Ikhwansyah, I., & Sirait, R. A. M. (2020). Penerapan Standar Nasional Indonesia Produk Beras yang Beredar Pada Masyarakat Dalam Perspektif Perlindungan Konsumen. Recital Review, 2(1), 26–38.

Jatmiko, S. W., Romanda, F., & Hidayatulloh, M. A. A. (2018). Pengaruh penyuluhan metode ceramah dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit tuberkulosis. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian Dan Pengembangan, 2(1), 1–7.

Kadi, D. C. A., Fauzi, R. U. A., & Purwanto, H. (2022). Labeling Dan Packaging Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Keripik Tempe Barokah Desa Garon Balerejo Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat" Wiryakarya", 1(01).

Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan strategi pemasaran melalui media online pada produk usaha rumahan krupuk bawang dan kripik sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.

Najib, M. F., Februadi, A., Djarnika, T., Rafdinal, W., Lasambouw, C. M., & Nuryati, N. (2022). Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM di Desa Ciwarua, Kabupaten Bandung Barat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56–64.

Oktavia, S., Novi, C., Handayani, E. E., Abdilah, N. A., Setiawan, U., & Rezaldi, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Immunomodulatory Drink Kombucha untuk Meningkatkan Perekonomian Masa New Normal pada Masyarakat Desa Majau dan Kadudampit Kecamatan Saketi Kabupaten Pandeglang, Banten. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 716–724.

Putri, H. (2018). Upaya peningkatan pengetahuan tentang hipertensi melalui metode penyuluhan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Ratnadila, N. S. (2018). Perencanaan Skenario untuk Pembangunan Desa Tertinggal: Sebuah Telaah Kritis. Jurnal Penyuluhan Perikanan Dan Kelautan, 12(2), 111–128.

Setianingrum, I., & Sanjaya, V. F. (2021). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN:(Studi Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Lampung Utara). Upajiwa Dewantara: Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen Daulat Rakyat, 5(2), 93-100.

Wulandari, I. (2022). Strategi dinas koperasi umkm perdagangan dan perindustrian dalam meningkatkan pendapatan umkm pada masa pandemi covid-19 di kabupaten cianjur jawa barat. Institut pemerintahan dalam negeri

Published

2023-06-16