IMPLEMENTASI DESAIN GRAFIS UNTUK MEDIA PROMOSI UMKM DI PANGKALPINANG

Authors

  • Fitriyani Fitriyani ISB Atma Luhur
  • Ari Amir alkodri
  • Burham Isnanto
  • Chandra Kirana
  • Bambang Adiwinoto

DOI:

https://doi.org/10.32736/abdimastek.v5i2.2240

Abstract

Dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat pesat terkait sektor perdagangan, UMKM di Pangkalpinang Bangka Belitung seperti banyak UMKM di wilayah lain menghadapi tantangan dalam memanfaatkan desain grafis untuk meningkatkan daya tarik produk mereka. Sebagian besar pelaku UMKM, khususnya penjual belum memahami cara membuat brosur dan spanduk yang menarik untuk promosi. berbagai masalah dalam memanfaatkan ilmu desain untuk bisnis mereka. Banyak dari mereka yang tidak memiliki pemahaman yang baik tentang cara membuat desain grafis yang menarik dan efektif untuk promosi produk. Hal ini menyebabkan brosur dan spanduk yang mereka buat kurang menarik dan tidak mampu menarik perhatian konsumen potensial. Selain itu, desain kemasan produk yang tidak optimal juga menjadi kendala dalam meningkatkan daya tarik produk dan brand awareness. Pelaksanaa kegiatan ini dilaksanakan melibatkan mahasiswa ISB Atma Luhur Pangkalpinang bekerjasama dengan UMKM di seputaran Pangkalpinang selama 3 hari mulai dari proses pembelajaran desain ke mahasiswa, proses cetak dan implemantasi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat dalam proses digitalisasi UMKM melalui pembuatan desain digital dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi untuk meningkatkan penghasilan bagi UMKM.Kata kunci: UMKM, Desain Digital, Media Sosial.

References

ND, K. (2023). Pelatihan desain grafis untuk meningkatkan efektivitas pemasaran digital dalam berwirausaha di kabupaten aceh barat. CARE, 1(2), 42-49. https://doi.org/10.31004/care.v1i2.15709.

Sugihartono, T. (2023). Meningkatkan promosi dan penguatan sdm melalui pembuatan media promosi bagi para umkm. Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi, 4(1), 01-06. https://doi.org/10.32736/abdimastek.v4i1.1672.

Haviana, S., Poetro, B., & Satrioajie, W. (2023). Pelatihan desain grafis sebagai langkah penjaringan dan regenerasi pekerja kreatif pada umkm galgil indonesia. Indonesian Journal of Community Services, 5(1), 35. https://doi.org/10.30659/ijocs.5.1.35-44.

Sundari, J. (2024). Pelatihan media promosi dengan canva menuju umkm naik kelas pada umkm pasar kemis tangerang. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 46-50. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v4i1.2927.

Ashari, E., Anggraini, D., & Aznedra, A. (2022). Pendampingan umkm melalui pelatihan strategi pemasaran dan product branding di perumahan griya batu aji asri rt.01/rw.018 kelurahan sei langkai, kecamatan sagulung, kota batam. Minda Baharu, 6(1), 144-153. https://doi.org/10.33373/jmb.v6i1.3886.

Ramadhani, F. (2023). Pelatihan optimalisasi medsos dan online marketplace bagi pelaku umkm desa gadung sebagai digital marketing strategic. semnas-pkm, 1(1), 446-453. https://doi.org/10.35438/semnas-pkm.v1i1.62.

Agustini, T. (2021). Prediction strategi bisnis pada kinerja perusahaan skala kecil menengah masa covid-19. Jurnal Valuasi Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 168-188. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.13.

Kurniawan, P. (2020). Sosialisasi dan pelatihan penyusunan laporan keuangan berbasis teknologi informasi bagi pelaku umkm di desa belatungan, pupuan, bali. E-Dimas Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 440-446. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.3981.

Wicaksana, N. (2022). Implementasi crm (customer relationship management) menggunakan vtiger crm pada perusahaan (studi kasus: cv. maha sari). Jatisi (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(4), 3666-3686. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i4.3086.

Mutaqin, F. (2024). Penerapan smart communication bot dengan model chatgpt dalam proses pemilihan dan penempatan objek dalam desain poster komersil. Jurnal Dasarupa Desain Dan Seni Rupa, 5(3), 1-9. https://doi.org/10.52005/dasarrupa.v5i3.169.

Bagis, A. (2023). Membangun viabilitas bisnis dengan kekuatan modal maya pelaku ukm di era triple disruption: kasus para pelaku umk di nusa tenggara barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 4((1)), 1-8. https://doi.org/10.29303/jpmsi.v4i(1).174.

Published

2024-11-11