Penguatan Usaha Masyarakat Melalui Peningkatan Teknologi dan strategi Pemasaran Usaha Kembang Tahu di Desa Jurung Kabupaten Bangka

Penulis

  • Zizi Zeleansi Bangka Belitung University
  • Nurul Janah Bangka Belitung University
  • Dhiti Wahyuni Bangka Belitung University
  • Baiq Desy Aniska Prayanti Bangka Belitung University

DOI:

https://doi.org/10.32736/abdimastek.v3i2.1516

Kata Kunci:

Pembinaan, UMKM, Impulse Sealer, Media Sosial, Software Canva

Abstrak

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  kembang tahu yang berkembang di Desa Jurung, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung perlu dilakukan pembinaan lebih lanjut. Pembinaan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan mengenai strategi kewirausahaan yakni pengemasan produk, labelling, dan strategi pemasaran produk UMKM kembang tahu di Desa Jurung.  Adapun metode pelaksanaan kegiatan ini dengan menyelenggarakan pelatihan pengemasan produk dengan impulse sealer, promosi produk menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram serta bimbingan desain labelling produk menggunakan software canva. Hasil yang diperoleh dari pembinaan UMKM kembang tahu di Desa Jurung yaitu memaksimalkan kegiatan produksi kembang tahu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan media digital sehingga produk UMKM dikenal oleh semua lapisan masyarakat, baik  lokal maupun internasional.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-02