OPTIMALISASI PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM POJOK LITERASI DALAM UPAYA MEWUJUDKAN DESA CERDAS DI DUSUN BELIT DESA DENDANG

Penulis

  • Nikken - Halim Universitas Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.32736/abdimastek.v5i1.2093

Abstrak

Permasalahan di Dusun Belit Desa Dendang yakni rendahnya pendidikan dan tingginya pernikahan dini. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi pendidikan dengan melakukan edukasi dan pembinaan mengenai pentingnya pendidikan melalui program pojok literasi yang diharapkan berdampak baik terhadap kualitas pendidikan. Tujuan kegiatan untuk mengetahui alasan anak putus sekolah, meningkatkan keinginan dan kesadaran para pelajar serta membangun sarana dan prasarana tambahan untuk menunjang program pojok literasi. Metode pelaksanaan meliputi survei lapangan, identifikasi masalah, analisis kebutuhan, penetapan khalayak sasaran, penyusunan program, perumusan indikator keberhasilan dan pelaksanaan program, serta monitoring evaluasi dan pelaporan. Program yang telah dilaksanakan adalah melakukan seminar motivasi dan seminar pentingnya pendidikan, bimbingan belajar, pembuatan pojok literasi, kegiatan tambahan seperti senam dan kerja bakti, belajar mengaji, nonton bareng serta evaluasi program berupa pemberian tryout dan kuisioner kepada anak-anak. Semoga program ini dapat meningkatkan antusiasme anak-anak yang menjadi sasaran kegiatan kami, dapat memunculkan keinginan untuk lebih giat belajar dan melanjutkan Pendidikan kejenjang yang lebih tinggi

Biografi Penulis

Nikken - Halim, Universitas Bangka Belitung

Mahasiswi Jurusan Matematika

Diterbitkan

2024-06-10