DESAIN GRAFIS BAGI PELAKU USAHA KULINER LOKAL DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KERAKYATAN DI KOTA PANGKALPINANG
DOI:
https://doi.org/10.32736/abdimastek.v5i2.2291Abstrak
Usaha kuliner menjadi pemeran penting dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan, sehingga perlu sarana penunjang keberhasilan kuliner lokal tersebut dengan memanfaatkan varian teknologi informasi berupa desain grafis. Melalui aplikasi ini pelaku usaha kuliner lokal dapat menyajikan produk kulinernya secara maksimal dengan sentuhan seni visual. Permasalahannya, teknologi ini sangat jarang diketahui oleh pelaku usaha tersebut, terutama dikalangan ibu ibu. Sehingga tim kegiatan pengabdian dari ISB Atma Luhur mengadakan pelatihan menggunakan aplikasi desain grafis. Melalui pelatihan ini, pelaku usaha kuliner lokal ini dapat meningkatkan daya tarik produk dan memperkuat identitas merk, dengan menciptakan kemasan yang menarik, visual menu yang informatif dan estetis, serta promosi melalui media sosial kreatif. Setelah mengikuti pelatihan ini menunjukkan bahwa 75,4 % pelaku usaha dapat menggunakan aplikasi desain grafis, 15,2 % sedikit mahir menggunakan aplikasi desain grafis dan 9,4 % tetap tidak mahir menggunakan aplikasi desain grafis. Pada kategori kreativitas produk, 60,4% peserta menunjukkan memiliki ide yang kuat dalam mendesain produk, 25,3% cukup memiliki ide yang kuat dan 14,3 % masih perlu bimbingan teknis untuk memvisualisasikan ide kreatifnya.Referensi
D. D. Kristanto, H. Nugraha, and F. B. Leksono, “PENERAPAN GRAFIS PADA DESAIN GEROBAK PEDAGANG KULINER DI KAMPUNG LENGKONG KYAI Application of Graphics On The Design Of Culinary Merchant Carts in Lengkong Kyai Village,” vol. 6, no. 1, 2022.
R. Nugrahani, “Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm,” vol. IX, no. 2, pp. 127–136, 2015.
D. Wahidin, “Pelatihan Desain Grafis Untuk Pemasaran Produk,” pp. 2636–2640, 2022.
D. I. Sekolah, M. Kejuruan, and N. Sikur, “Pelatihan Desain Kemasan,” vol. 1, no. 2, 2022.
L. Laurentinus, O. Rizan, H. Hamidah, and S. Sarwindah, “Digitalisasi UMKM berbasis Retail melalui Program Hibah RISTEK-BRIN,” To Maega J. Pengabdi. Masy., 2021, doi: 10.35914/tomaega.v4i1.418.
S. Sarwindah, L. Laurentinus, O. Rizan, and H. Hamidah, “Memanfaatkan Digital Marketing bagi Usaha Rumahan Sayuran Hidroponik dengan E-Commerce sebagai Media Promosi,” J. Teknol. Terpadu, vol. 7, no. 2, pp. 65–69, 2021, doi: 10.54914/jtt.v7i2.338.
S. Okkita Rizan, Hamidah, Laurentinus, “ISSN : 2745-8725,” vol. 5, pp. 24–32, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/abdimastek/article/view/2153/1005