PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ONLINE, VISUAL GAMBAR PRODUK & CARA MENGATUR BEBAN KERJA KARYAWAN DI KECAMATAN CIMAHI SELATAN

Penulis

  • Harya Gusdevi Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Agus Rahmat Hermawanto Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Rina Indrayani Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Muchammad Nasser Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32736/abdimastek.v1i1.832

Kata Kunci:

UMKM, Kuliner, Kreativitas, Inovasi, Pelatihan

Abstrak

UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil dan menengah. Usaha ini merupakan sumber pendapatan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Peluang dalam bisnis kuliner memang cukup menjanjikan. Dalam membuka, menjalankan dan mengelola sebuah bisnis, bisa dilakukan oleh siapa saja. Contohnya ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa dan lain sebagainya. UMKM di kecamatan Cimahi Selatan sudah memproduksi hasil usaha secara baik di bidang kuliner. Salah satu contoh seperti UPPKS Aster dan UMKM Keripik Ubi Balado merupakan UMKM yang berada di Cimindi Timur RT 01 RW 23 Cimahi Selatan. Melihat dari tingkat keuntungan yang bisa diraih, sehingga mengharuskan adanya suatu kreativitas dan inovasi dalam usaha ini, karena kompetisi dunia kuliner semakin ketat. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi yaitu dilakukannya suatu pelatihan

Referensi

Ismail Solihin. Pengantar Bisnis, Pengenalan Praktis dan Studi Kasus. Jakarta:Kencana. 2006

Bank Indonesia. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 2015

Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara. 2001

Mahedy, Kadek S. Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil (Apik) Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. 2016

Diterbitkan

2020-04-01

Terbitan

Bagian

Articles