PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ONLINE, VISUAL GAMBAR PRODUK & CARA MENGATUR BEBAN KERJA KARYAWAN DI KECAMATAN CIMAHI SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.32736/abdimastek.v1i1.832Kata Kunci:
UMKM, Kuliner, Kreativitas, Inovasi, PelatihanAbstrak
UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil dan menengah. Usaha ini merupakan sumber pendapatan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Peluang dalam bisnis kuliner memang cukup menjanjikan. Dalam membuka, menjalankan dan mengelola sebuah bisnis, bisa dilakukan oleh siapa saja. Contohnya ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa dan lain sebagainya. UMKM di kecamatan Cimahi Selatan sudah memproduksi hasil usaha secara baik di bidang kuliner. Salah satu contoh seperti UPPKS Aster dan UMKM Keripik Ubi Balado merupakan UMKM yang berada di Cimindi Timur RT 01 RW 23 Cimahi Selatan. Melihat dari tingkat keuntungan yang bisa diraih, sehingga mengharuskan adanya suatu kreativitas dan inovasi dalam usaha ini, karena kompetisi dunia kuliner semakin ketat. Salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi yaitu dilakukannya suatu pelatihanReferensi
Ismail Solihin. Pengantar Bisnis, Pengenalan Praktis dan Studi Kasus. Jakarta:Kencana. 2006
Bank Indonesia. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 2015
Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara. 2001
Mahedy, Kadek S. Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil (Apik) Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. 2016