Peningkatan Minat dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa Atma Luhur Dengan Fasilitas Internet
Abstract
Abstract— As many as 62,1% of Indonesian population have accessed the internet in 2021 and will continue to increase in the coming years. The internet benefit in addition to entertainment can also be used to support student competence and skills. Internet quality and its bandwith availability and wide area coverage so that it can be accessed from any location on campus, will make it easier for students to use it. This research purpose was to determine the internet effect and internet quality in increasing students interest in learning which in turn will improve student study habits. This research method used a questionnaire to 300 students from information systems, informatics engineering, and digital business study program. This research result are based on coefficient of determination test it is obtained that 60,5% of internet use variable and internet quality variable effect student learning interest and 67% of interest in learning variabel will affect student study habits.Keywords— internet use, internet quality, interest in learning, study habits, atmaluhur Abstrak—Sebanyak 62,1% populasi di Indonesia telah mengakses internet pada tahun 2021 dan makin meningkat pada tahun-tahun kedepan. Penggunaan internet selain untuk hiburan juga bisa dimanfaatkan untuk menunjang kompetensi dan keterampilan mahasiswa. Kualitas internet terutama pada ketersediaan bandwith dan cakupan area yang luas sehingga bisa diakses dari setiap lokasi dikampus akan mempermudah mahasiswa dalam penggunaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan iternet dan kualitas internet dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa yang pada akhirnya akan meningkatkan kebiasaan belajar mahasiswa. Metode penelitian dengan kuesioner kepada 300 mahasiswa dari prodi sistem informasi, teknik informatika, dan bisnis digital. Hasil penelitian adalah berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh hasil 60,5% variabel penggunaan internet dan kualitas internet berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa dan 67% variabel minat belajar akan memperngaruhi kebiasaan belajar mahasiswa. Kata Kunci—penggunaan internet, kualitas internet, minat belajar, kebiasaan belajar, atmaluhurReferences
Citra Febriyanto, F., & Ibnatur Husnul, N. R. (2020). Analisis Kebiasaan Belajar Mahasiswa yang Aktif Organisasi Maupun Bekerja dengan IPK Cumlaude di Perguruan Tinggi Jakarta dan Depok. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 532. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2964
Gumanti, D., & Teza, S. D. (2021). Analisis Tingkat Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam Perkuliahan Daring Masa Pandemi Covid 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1638–1646. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.623
iik Novianto PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA. (n.d.).
Iskandar, D., & Isnaeni, M. (n.d.). PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN REMAJA DI JAKARTA.
Manajemen, J., & Keuangan, D. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II) Syardiansah (Vol. 5, Issue 1). MEI.
Pravo Albarado, A., Eminita, V., Matematika, P., Ilmu Pendidikan, F., & Muhammadiyah Jakarta Jl Ahmad Dahlan Cirendeu Ciputat, U. K. (n.d.). 67 167 PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS KHAZANAH KEBAJIKAN. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.167-174
Walidaini, B., Muhammad, A. M., Peneliti, A., Bbppki, M., & Medan, K. (n.d.). PEMANFAATAN INTERNET UNTUK BELAJAR PADA MAHASISWA.
Yansen Reba PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR. (n.d.).