Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop YLK.Store)

Sri Nawangsari(1*), Yelsi Karmayanti(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan pengguna internet tersebut mendorong terjadinya suatu potensi besar terciptanya online shopping. Oleh sebab itu peluang untuk menjalankan bisnis online semakin terbuka bagi pelaku bisnis di indonesia. Online shopping adalah kegiatan jual beli atau perdagangan elektronik yang memungkinkan konsumen untuk dapat langsung membeli barang atau jasa dari penjual melalui media internet menggunakan sebuah web browser maupun media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian melalui media sosial instagram (studi kasus pada online shop YLK.STORE). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli produk atau barang melalui media Instagram di akun ylk.store . Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden yang diambil dari populasi masyarakat di Jakarta. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas,uji reabilitas, dan uji asumsi klasik Uji hipotesis di lakukan dengan uji t dan uji F. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian dapat dapat disimpulkan bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dipengaruhi oleh variabel kepercayaan (X1) sebesar 0,285, keamanan (X2) sebesar 0.217 dan kualitas informasi (X3) sebesar 0.334. Penelitian ini menunjukkan pengaruh kepercayaan, keamanan dan kualitas informasi sebesar 57,9% terhadap keputusan pembelian pengguna online shop jejaring social Instragram. Berdasarkan Uji F apat diketahui bahwa kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi pengaruh simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji t dapat diketahui bahwa kepercayaan,kemudahan dan kualitas informasi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas informasi berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Adityo, Benito dan Khasanah, Imroatul. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus. Jurnal. : Universitas Diponegoro, Semarang ,2010.

Assael, Henry. Cunsomer Behavior 6th Edition. New York: Thomson Learning.2001

Denni A., Heru S., Riyadi., “Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online” (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com), Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang (2015).

Ferdinand Augusty. . Metode Penelitian Manajemen. : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.,Semarang 2006

Gondodiyoto, Sanyoto. Audit Sistem Informasi Pendekatan Konsep. Media Global Edukasi, Jakarta.2003

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, edisi 5. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gefen.D, Karahanna,E & Straub, D.W., “Trust and TAM in Online Shopping: An Intergrated Model, MIS Quartely.27 (1), 51-90

Hardiawan, Anandya Cahya. 2013. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Pengguna Situs Jual Beli Online tokobagus.com. Skripsi UNDIP. Semarang, 2013

Iswara, Danu. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Yogyakarta. Yogyakarta , 2016

Irmadhani. Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Presepsi Kemudahan Penggunaan Dan Computer Self Efficacy Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa Fakultas Negeri. Artikel Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia , vol 1-No.3, 2012

Kim, Young-Gul and Park Chung-Hoon. . “The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers Online Site Commitmennts”. Journal of Electronic Commerce in Organizations,Vol. 4, No. 1, Page 70 – 90. Korea.2006

Klein, Stephen. Contemporary Learning Theories. Erlbaum, Hillsdale, N.J.2000

Kotler, Philip, “Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Tenth Edition”, Prentice Hall International, Inc., New Jersey.2000

Kotler, Philip dan Amstrong Gary.. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.2008

Rmadhani, . Pengaruh Presepsi Kebermanfaatan Presepsi Kemudahan Penggunaan Dan Computer Self Efficacy, Terhadap Penggunaan online Banking Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. Jurnal FE UNY.Yogyakarta, 2012

Sukma, Abdurrahman Andi, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites, Jurnal ekonomi Manajemen vol.2 , 2012

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B, Alfabeta, Bandung.2012

Tjini, “ Pengaruh Kepercayaan , Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Sistem Internet Banking”, Jurnal Universitas Brawijaya Malang, 2013

Pavlou, P. A. 2003, “Consumer Acceptance Of Electronic Commerce: Integrating Trust And Risk With The Technology Acceptance Model.” International Journal of Electronic Commerce, Vol. 7 (3). 2003

Park, C.H., & Kim, Y.G. , “Identifying Key Factors Affecting Consumer Purchase Pehaviour In An Online Shopping Context”, Internasional Journal of Retail & Distribution Management, Vol.31, No.1,pp.16-29 . 2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.