Smart Power Control Sistem Arus Listrik Jarak Jauh Berbasis Raspberry Pi Pada Sekolah (Studi Kasus Sekolah Mawar Saron)

Aris Martono(1*), Ignatius Agus Supriyono(2), Padeli Padeli(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan arus listrik di setiap ruangan sekolah dengan cara jarak jauh dan menggunakan smartphone (smart control). Studi kasus ini dilakukan di Sekolah Mawar Saron dengan 3 ruang kelas 12-IPA, 3 ruang kelas 12 IPS, 3 ruang kelas 11-IPA, 3 ruang kelas 11 IPS, 3 ruang kelas 10-IPA, 3 ruang kelas 10 IPS, 3 ruang kantor guru, 1 ruang laboratorium komputer, 1 ruang laboratorium IPA, Aula dan 3 ruangan lainnya, halaman depan dan halaman tengah lapangan yang menggunakan alat elektronik. Untuk menyelesaikan kasus ini menggunakan metode penelitian yaitu metode pengamatan, metode studi pustaka dan diskusi ilmiah, serta metode perancangan system dan pembuatan prototype disertai pengujian blackbox. Dengan demikian dibuatlah rancangan system dan program, rancangan ip address raspberry pi pada mikrokonroler, rancangan layout halaman web, rancangan prototype, kemudian dilakukan pengujian relay dan perangkat wireless, pengujian Jarak pada Jaringan Lokal, serta pengujian aplikasi. Oleh karena itu sistem ini mampu mengendalikan atau mengontrol arus listrik pada stop kontak dari jarak jauh dengan menggunakan smartphone yang telah terhubung dengan Raspberry Pi dan jaringan local.

Full Text:

PDF

References


Erinofiardi, Nurul Iman Supardi, Redi. 2012. “Penggunaan Plc Dalam Pengontrolan Temperatur, Simulasi Pada Prototype Ruangan” Jurnal Mekanikal, Vol. 3 No. 2, Juli 2012: 261-267 ISSN 2086-3403.

Malik, Ibnu, Muhammad Unggul Juwana. 2009. “ANEKA PROYEK Mikrokontroler PIC16F84/A”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Saefullah, Asep, Sumardi sadi, Yugo Bayana. 2009. “Smart Robotic (SWR) yang mampu menghindari rintangan secara otomatis”. Jurnal CCIT Vol. 2 No. 3 Mei 2009

Richardson, Matt dan Shawn Wallace. 2013. “Getting Started with Raspberry Pi”. Cambridge: Penerbit O’REILLY dan Make


Refbacks

  • There are currently no refbacks.