Audit Sistem Informasi Terhadap Penilaian Teknologi Informasi Pada Maskapai ABC Menggunakan Cobit 4.0

Lili Indah Sari(1*), Wishnu Aribowo Probonegoro(2), Lisia Lisia(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan dunia saat ini diperngaruhi oleh teknologi informasi, karena hampir semua biddang menggunakan peranan dan pemanfaatan teknologi informasi. Selain itu, pengelolaan teknologi yang baik dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari laporan keuangan, penghematan waktu, biaya, serta melindungi asset pada perusahaan. Maskapai penerbangan pastinya menggunakan teknologi Infomasi disemua aktivitas kegiatan. Dukungan teknologi Infomasi sangat berperan penting bagi kemajuan maskapai penerbangan. Penerapan teknologi dalam suatu perusahaan harus dapat memilih penerapan teknologi informasi yang tepat . Penerapan teknologi informasi dalam mengelola sistem informasi pada Maskapai ABC sudah berjalan, selama ini Maskapai ABC sudah melakukan penerapan tata kelola teknologi informasi. Penerapan TI merupakan hal yang sangat penting dan vital karena bisa meliputi strategi TI,Sumber daya TI, ataupu dalamm hal memelihara software yang ada Audit sistem informasi untuk menilai Teknologi Informasi pada Maskapai ABC menggunakan tools COBIT,khusus nya hanya menggunakan domai AI. Hasil penelitian ini adalah untuk menilai maturity level ( level kematangan) teknologi informasi yang ada pada Maskapai ABC khusus nya domai AI, dimana berada pada level 3 dengan nilai rata-rata 2.91.

Full Text:

PDF

References


Noor Azizah, Audit sitem informasi mengunakan framework cobit 4.1 pada E-learning UNISNU Jepara, Jurnal Simetris, vol 8.

Information Technology Governance Institute (ITGI), Control Objective for Information Related technology (COBIT) version 4.1

Ron Weber, EDP Auditing conceptual Foundation and Practice, USA. Mc Graw-Hill, 1999

Wardani,S and Puspitasari,M, Audit tata kelola Teknologi Informasi menggunakan framework cobit dengan model maturity level (studi kasus fakultas ABC), Jurnal Teknologi, 2014,volume 07.

Ramadhanty, Dwiani, Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi dengan menggunakan COBIT Framwork 4.1 (Studi kasus pada PT. Indonesia Power), tesis, UI, Depok, 2010

Peterson,R.R,..Integration Strategies and Tactics for Information Technology Governance,idea group inc,2004.

IT Governance institute,Management Guidelines and Audit Guidelines control objectives, cobit 3rd ed, USA, ISACA 2000.

Richard Cascarino, Auditors guide to Inforation Systems Auditing, John Wiley & Sons, inc,2007.

Jogiyanto,Metodologi Penelitian Sistem Informasi, Andi Yogyakarta,2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.