Pembangunan Layanan Elektronik Pengaduan Masyarakat (e-AduMas) di Desa Wargasaluyu, Gunung Halu, Bandung Barat
Abstract
Layanan publik bagi masyarakat desa khususnya Desa Wargasaluyu Kecamatan Gunung Halu Bandung Barat, memerlukan perhatian khusus, dalam rangka peningkatan hak publik dari masyarakat Desa Wargasaluyu. Kinerja layanan seringkali dirasakan kurang baik atau bahkan sampai mengganggu aktifitas dan kepuasan publik berkurang. Penelitian dimaksudkan untuk membangun sebuah sarana penyampaian keluhan dengan memanfaatkan akses jaringan GSM dan telepon selular, sehingga dapat langsung dilihat oleh staf Desa Wargasaluyu dalam bentuk Information Board System. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi kelayakan, analisis persoalan dan kebutuhan aplikasi, perancangan, pembangunan aplikasi, serta implementasinya. Aplikasi dibangun dengan sebuah Framework khusus berupa SMS Gateway dan dimodifikasi sesuai kondisi dan karakteristik di lingkungan Desa Wargasaluyu. Penelitian dibagi kedalam 2 tahap, yang meliputi : analisis dan perancangan di tahap ke-1; dilanjutkan pembangunan aplikasi dan implementasi di tahap ke-2.References
W. J. S. Poerwadarminta, “Kamus Besar Bahasa Indonesia” , Balai Pustaka, Jakarta, 1976
Peraturan MENTERI Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Nomor 24, Tahun 2016, tentang “PEDOMAN PENANGANAN PENGADUAN DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI”
Undang-undang Republik Indonesia, Nomor 25 Tahun 2009, tentang “PELAYANAN PUBLIK”
Kementerian Keuangan, “Penanganan Pengaduan Masyarakat”, KemenKEU, 2017
Awan Pribadi Basuki, “Membangun Aplikasi SMS Gateway Berbasis Web dengan Codeigniter & Bootstrap”, Lokomedia, 2017
Girmiti, “SMS Gateway”, Girmiti.com, 2014
Modul diakses Senin, 1 Januari 2018, link : http://girmiti.com/sms_gateway.html
Justine Pirie, “What is a SMS Gateway”, twilio.com, 2014
Modul diakses Senin, 1 Januari 2018, link : https://www.twilio.com/docs/glossary/what-is-a-sms-gateway